Mari Kenali dan Bedakan Musuh Jerawatmu!

79-single-default

Sahabat teras, pasti sebel kan kalau kita mau hang out, jalan-jalan dengan teman, mau arisan, mau ada acara sekolah maupun pesta, jika kita memiliki jerawat! Oh No! Hal itu sangat menyebalkan. Hal ini dikarenakan jerawat mampu menurunkan kepercayaan diri kita berhadapan dengan orang lain, betul kan? Tetapi sahabat, ternyata jerawat itu beraneka ragam lho! Tidak hanya satu macam seperti yang kita ketahui umumnya. Mau tahu apa aja?

1.Whiteheads (Benjolan Putih)

whiteheads--teras-sehat-blog-artikel-kesehatan

images credit by www.indianbeauty.tips
Faktanya adalah semua orang mendapat jerawat, dan whiteheads adalah salah satu jenis yang paling umum. Sayangnya, itu hanya bagian dari bagaimana kulit sahabat teras bekerja.Namun, itu tidak berarti sahabat teras harus hidup dengan whiteheads. Pengetahuan adalah kekuatan, dan memahami apa itu whiteheads dan cara menghilangkannya dengan cara yang mudah.Whiteheads terkadang disebut juga komedo tertutup. Mereka biasanya muncul pada kulit sahabat teras dalam ukuran kecil dan berbentuk benjolan keputihan.
Jadi apa yang menyebabkan mereka ada di kulit kita? Ketika pori-pori kulit sahabat teras menumpuk minyak atau sebum (minyak / zat lilin alami), sahabat teras mendapatkan whiteheads. Ini busi folikel kulit sahabat teras, menciptakan apa yang dikenal sebagai lesi. Alasan lesi ini berubah menjadi whiteheads (versus komedo) karena daerah tersumbat tidak terkena udara. (Dengan komedo, udara menyebabkan oksidasi, dan oksidasi yang menggelapkan ujung daerah tersumbat).
2.Blackheads (Benjolan hitam)

blackheads--teras-sehat-blog-artikel-kesehatan

images credit by groomingmail.com
Coba perhatikan sekitar! semua orang di sekitar sahabat teras tampaknya memiliki kulit mulus – dan sahabat teras memiliki T-zone penuh komedo jelek. Mengapa kelihatannya hanya sahabat teras yang memiliki komedo?
Secara teknis disebut komedo, mereka biasanya disebabkan oleh kulit sahabat teras memproduksi terlalu banyak minyak. Minyak ini, ketika terkena udara, ternyata berwarna hitam (dan kadang-kadang kuning) karena penumpukan melanin, pigmen gelap kulit sahabat teras. Oleh karena itu komedo tidak disebabkan oleh kotoran seperti banyak orang berpikir.
Ada alasan lain sahabat teras mungkin mendapatkan komedo. Jika kulit sahabat teras tidak dibersihkan dengan benar, sel-sel kulit mati menumpuk dalam pori-pori, pori-pori sahabat teras menjadi tersumbat, dan bakiak ini menyebabkan penumpukan minyak. Menggunakan kosmetik berbahan dasar minyak atau pelembab juga dapat merangsang perkembangan komedo.
3.Jerawat Conglobata

conglobata--teras-sehat-blog-artikel-kesehatan

images credit by www.howtogetridofacnescar.com

Jerawat conglobata (Acne Conglobata) adalah bentuk umum dan sangat parah jerawat yang dapat mempengaruhi sahabat teras kembali di bagian pantat, dada, bahu, lengan atas, paha, dan bahkan wajah sahabat teras. AC ditsahabat terasi dengan abses dan bekas luka. Secara medis, kondisi ini pada dasarnya adalah kombinasi dari pustula jerawat dan nodul, meskipun sahabat teras mungkin memiliki infeksi bakteri juga. Tidak ada yang tahu apa yang menyebabkan AC (tidak seperti kondisi jerawat lainnya), tetapi sering berkembang jika jerawat yang ada memburuk atau beberapa jerawat aktif sahabat teras tiba-tiba meletus.
AC mempengaruhi orang dewasa laki-laki yang lebih muda lebih dari perempuan, meskipun bahkan bayi telah dikenal sudah mampu memiliki kondisi tersebut.
4.Jerawat Nodular

nodular-acne--teras-sehat-blog-artikel-kesehatan

images credit by www.pinterest.com

Nodular jerawat muncul di daerah besar kulit sahabat teras dan biasanya sangat menyakitkan. Apa akar dari semua ini? Nodul adalah sangat meradang, lesi keras bersarang jauh di dalam kulit. Kista, sementara yang sama, lebih lembut, lesi berisi nanah, juga dalam di bawah kulit. Mereka berkembang ketika isi komedo sahabat teras (istilah medis untuk whiteheads atau komedo) telah tumpah ke daerah sekitarnya. Sistem imun lokal tubuh sahabat teras merespon ini ‘serangan’ dengan memproduksi nanah.
Tidak seperti bentuk lain dari jerawat, nodul dapat bertahan selama beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan, hasil dari isinya pengerasan ke dalam. Cystic jerawat adalah jenis yang paling serius dari jerawat kulit, meskipun nodul tidak selalu berkembang menjadi kista. Kedua kista dan nodul, meskipun mirip, bisa eksis secara independen baik sebagai nodular atau kistik jerawat. Mereka terjadi bersama-sama, juga, karena nodularcystic (atau nodulocystic) jerawat. Jika tidak diobati, mereka cenderung menyebabkan jaringan parut, jadi jika sahabat teras berpikir sahabat teras memiliki kondisi ini, sahabat teras harus segera ke dokter kulit untuk perawatan.
5. Jerawat Punggung

jerawat-punggung-teras-sehat-blog-artikel-kesehatan

images credit by learntogetridof.com

Sementara ‘bacne’ bukan kata yang akan sahabat teras menemukan dalam kamus. Hal ini mengacu kembali jerawat, mereka wabah jerawat mengganggu di belakang sahabat teras.
Jadi apa masalahnya dengan jerawat punggung? Nah, punggung merupakan daerah yang sangat besar di kulit, dan itu berarti itu juga daerah yang sangat besar sekresi minyak. Pori-pori punggung sahabat teras menjadi tersumbat dengan sel-sel kulit dan minyak tidak dapat menyerap seperti biasa. Hal ini menyebabkan peradangan yang menjadi jerawat punggung.
Jerawat punggung juga bisa dipicu ketika panas dan keringat yang terperangkap terhadap tubuh, dan ketika kulit sahabat teras terlalu banyak bergesek.. Jika sahabat teras sering memakai peralatan olahraga, pakaian ketat, ransel atau sesuatu yang serupa, sahabat teras mungkin rentan terhadap bacne.
6. Jerawat Pustula

pustular-acne-teras-sehat-blog-artikel-kesehatanimages credit by www.especialista24.com
Seperti papula, pustula kecil, lesi bulat. sahabat teras akan melihat mereka berwarna merah dengan pusat kekuningan atau keputihan (disebabkan oleh nanah yang menyembur). Sementara meradang, pustula umumnya tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak mengandung banyak bakteri. Peradangan sebenarnya adalah hasil dari iritasi kimia dari hal-hal seperti asam lemak bebas, yaitu zat yang beredar dalam aliran darah dan yang umum di kulit setiap orang, meskipun mungkin ada penyebab lain.
Jadi??Yang mana nih jerawat yang kamu derita??Segera pergi ke dokter kulit sahabat teras dan rutin minum yah sahabat supaya jerawat jauh-jauh dari wajah dan tubuhmu!