Makanan Ini Bisa Sehatkan Kukumu!

buah dan sayur menyehatkan teras sehat naia

buah dan sayur menyehatkan teras sehat naia

Kuku, bagian kecil dari tubuh kita yang sering luput mendapat perhatian. Padahal, jika dirawat dengan baik, kuku dapat memberikan rasa percaya diri yang lebih, khususnya bagi para wanita. Sahabat Naia, setelah mengetahui apa saja ciri-ciri kuku tidak sehat yang menandakan penyakit.  Untuk memulai perawatan kuku yang sehat, Anda bisa memulai dari rajin mengkonsumsi makanan berikut ini :

Vitamin A dan Vitamin C
Vitamin A banyak dijumpai dalam buah bit hijau, sawi, wortel, labu, dan ubi. Makanan ini dapat menjaga agar kuku tetap lembab dan kuat.

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kulit di sekeliling kuku mengelupas. Paprika, kembang kol, jeruk, semangka, mangga, tomat, stroberi, kiwi, blewah, dan anggur adalah makanan yang tepat untuk mengisi kekurangan vitamin C bagi kulit Sahabat Naia.

Kalsium dan Protein
Kekurangan kalsium dapat menyebabkan kuku kering dan rapuh. Kalsium dapat diserap tubuh dengan maksimal jika dikonsumsi bersama vitamin D, maka konsumsilah susu yang kaya kalsium. Sumber kalsium lainnya adalah yoghurt dan keju.

Vitamin B
Kekurangan vitamin B khususnya vitamin B12 dan biotin dapat menyebabkan kuku Sahabat Naia kusam dan kering. Untuk mengatasinya, perbanyak makanan kaya biotin seperti wortel, tomat, oatmeal dan kacang-kacangan. Sedangkan untuk suplai vitamin B12 bisa Sahabat Naia dapatkan dari daging, telur, yogurt dan keju.

Zinc dan Zat Besi
Sering menjumpai gurat putih di kuku? Itu pertSahabat Naia bahwa Sahabat Naia kekurangan zinc. Biji labu, daging sapi, dan produk olahan susu lainnya adalah sumber zinc yang baik bagi tubuh. Jika kuku Sahabat Naia tumbuh dengan bentuk yang kasar, maka tubuh Sahabat Naia memerlukan zat besi yang banyak ditemukan di daging merah, brokoli dan tofu.

Nah, kini Sahabat Naia bisa memulai untuk rajin mengkonsumsi makanan-makanan yang disebutkan di atas. Untuk hasil terbaik, Sahabat Naia perlu mengimbanginya dengan perawatan kuku yang benar. So, bersiaplah untuk punya kuku cantik!

Got comments? Post them here!