Yuk Cermati Tips Memilih Mukena untuk Idul Adha

mukena cantik

mukena cantik

Sahabat Naia, besok sudah Idul Adha nih.. Siapa yang sudah prepare mukena?? Mukena merupakan jenis pakaian yang biasanya dipergunakan untuk sholat oleh wanita. Sebenarnya, mukena bukanlah pakaian wajib untuk sholat karena syarat sah sholat adalah menutup aurat. Bahkan di beberapa negara seperti Malaysia atau di timur tengah para wanita tidak lagi memakai mukena saat sholat karena memang pakaian sehari-hari yang mereka pergunakan pakaian yang syari sehingga sudah mencukupi untuk syarat sah sholat. Namun, hal tersebut tidak terjadi di Indonesia.

Bagi sahabat Naia yang masih kebingungan memilih mukena yang tepat, yuk kita lihat tips memilih mukena yang baik, sehingga kamu dapat mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum membeli mukena cantik. Berikut tipsnya:

  • Pilihlah mukena cantik dengan bahan yang bagus, cukup tebal dan tidak transparan ya Sahabat Naia. Untuk dewasa, pilihlah jenis bahan seperti katun, lycra dan juga sutra. Untuk anak-anak, pilihlah bahan seperti parasut, polyester dan BSW.
  • Pilih mukena cantik dengan ukuran yang tepat dengan badanmu Sahabat Naia. Jangan memakai ukuran yang terlalu kecil sehingga kamu merasa kesempitan bahkan ukuran ke bawah mukena tidak dapat mengcover bagian kakimu. Jangan pula memakai mukena dengan ukuran yang terlalu lebar karena bisa membuatmu tampak kedodoran dan mengurangi keleluasaanmu saat melakukan gerakan sholat.
  • Pilih mukena yang jahitannya bagus, agar mukena lebih awet. Apalagi setelah beberapa kali pencucian, bisa saja jahitan yang buruk akan mudah lepas Sahabat Naia.
  • Jika Sahabat naia termasuk wanita yang aktif alias memiliki kesibukan di luar rumah yang cukup padat, pilihlah mukena yang memiliki tas bawaan satu paket dengan pembeliah mukena. Hal ini agar lebih praktis dan mudah untuk penyimpanan mukena.
  • Pilih mukena yang terasa nyaman saat digunakan dengan memilih bahan yang tepat seperti yang telah disarankan pada poin 1 Sahabat Naia. Bahan sutera halus adalah bahan terbaik karena lebih adem saat digunakan. Syarat lainnya adalah bahan tersebut tidak menerawang sehingga Sahabat naia lebih nyaman saat mengenakan.
  • Sahabat Naia, bahan mukena yang pertu dihindari antara lain adalah bahan parasut, sifon maupun satin. Apalagi satin yang tergolong panas saat dipakai sehingga bisa membuatmu kegerahan.
  • Hindari memilih mukena cantik dengan warna yang terlalu mencolok Sahabat Naia. Karena tujuan utama untuk memakai mukena adalah untuk beribadah sholat, jangan memilih warna yang dapat menarik perhatian apalagi jika kamu sholat di tempat umum seperti di masjid atau mushola. Pilihlah warna netral seperti putih, bisa juga warna-warna pastel yang lembut.
  • Bukan hanya warna, sebaiknya hindari mukena cantik berbahan kain motif yang terlalu ramai karena hal tersebut nantinya dapat tergolong dalam kategori tabarruj. jika menyukai mukena motif, pilih motif yang kalem seperti bunga-bunga berukuran kecil dan bewarna lembut.
  • Pilih mukena cantik dengan harga yang wajar. Harga memang menunjukkan kualitas barang, semakin mahal barang tersebut, semakin baik kualitasnya. Mukena yang harganya terlalu murah bisa jadi memiliki kualitas yang buruk. Namun, jika kamu lebih teliti dalam membeli, kamu bisa kok mendapatkan mukena dengan kualitas yang bagus tapi dengan harga yang terjangkau. Sebaiknya, jangan membeli mukena dengan harga yang terlalu mahal, apalagi jika hanya untuk prestis atau sekedar ikut-ikutan saja. Bijaklah dalam membeli, jangan berlebihan yang berakibat pemborosan.
Got comments? Post them here!