Yuk Kecilkan Pori-Porimu Agar Menjadi 10 Tahun Lebih Muda!

Images by www.naturalremedyideas.com
Images by www.naturalremedyideas.com

Images by www.naturalremedyideas.com

Rambut sudah oke berkat masker alami, sekarang beralih ke wajahmu.. But…Oh No! Por-pori wajahmu kok besar yah girls.. Tahu enggak sih kamu? Besar kecilnya pori-pori seseorang sangat dipengaruhi oleh faktor genetika. Orang Eropa umumnya memiliki pori-pori yang besar. Sedangkan sebagian besar orang Asia memiliki pori-pori lebih kecil. Iklim setempat juga merupakan faktor utama yang mempengaruhi pori-pori seseorang.
Pria maupun wanita berusia di atas 40-an memiliki kulit wajah dengan pori-pori besar. Namun ada beberapa penyebab lain yang membuat perubahan terjadi lebih cepat daripada semestinya. Seperti:

  • Tersumbatnya pori-pori karena keringat, debu, kotoran, minyak dan kosmetik.
  • Menggunakan kosmetik yang tidak sesuai dalam jangka waktu lama.
  • Produksi minyak pada wajah yang berlebihan.
  • Kulit wajah yang tidak terjaga dengan bersih.

Keharusan menjaga kebersihan serta kesehatan kulit wajah dengan melakukan perawatan secara rutin. Ini dapat menjaga agar pori-pori tidak cepat membesar. Berikut ini beberapa tips sederhana bisa mencegah pori-pori cepat membesar:

  • Bersihkan wajah dengan facial foam yang sesuai dengan jenis kulit secara teratur. Dengan demikian kulit wajah mendapatkan oksigen yang dibutuhkan oleh sel-sel kulit wajah Sahabat Naia.
  • Perhatikan sabun pembersih wajah yang mengandung salicylic acid, karena kandungan ini dipercaya dapat menghancurkan minyak serta kotoran yang menempel pada kulit. Sayangnya sabun yang mengandung salicylic acid dapat menyebabkan alergi dan iritasi.
  • Gunakan pelembab yang mengandung bahan dasar alami yang lembut dan tidak mengandung minyak. Biasakan menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan agar kulit wajah tetap terlindungi dari sinar ultraviolet yang dapat merusak kolagen pada kulit.

Memang tidak ada cara permanen untuk mengecilkan pori-pori. Namun ada beberapa trik yang dapat membuat pori-pori terlihat lebih kecil. Berikut adalah beberapa caranya, seperti dirangkum dari Daily Glow.

  • Kotoran yang menyumbat membuat pori-pori terlihat lebih besar. Bersihkan wajah setelah selesai beraktivitas dan gunakan pelembab sebelum tidur. Basuh wajah dengan menggunakan air dingin untuk mengecilkan pori-pori.
  • Gunakan butiran es batu saat melakukan facial karena efek dingin dapat mengecilkan pori-pori. Lakukan sebelum penggunaan toner dan pelembab.
  • Toner  berfungsi sebagai pembersih minyak dan kotoran yang tersisa saat membersihkan wajah juga berfungsi untuk mengecilkan pori-pori.
  • Moistruiser atau pelembab wajah dapat mengatasi kulit kering dan mengurangi produksi minyak berlebihan. Kulit terjaga kelembabannya, pori-pori menjadi kecil.

Komedo merupakan kotoran yang menyumbat pori-pori, berbentuk kecil berwarna hitam atau putih. Munculnya komedo membuat wajah terlihat kusam dan kotor. Komedo timbul akibat terjadinya penumpukan minyak yang berlebih (sebum) dan sel kulit mati.
Penguapan seminggu sekali efektif menghilangkan komedo. Untuk mendapatkan uap yang maksimal sebaiknya tutup kepala Sahabat Naia dengan menggunakan handuk basah. Setelah itu gunakan scrubuntuk mengangkat kotoran dan komedo.
Hindari penggunaan kosmetik berbentuk krim dan minyak yang dapat meningkatkan peluang terjadinya komedo. Pengelupasan merupakan langkah penting untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Gunakan masker alami pembasmi komedo dengan mencampur air jeruk nipis, minyak almond dan gliserin.
Biasakan mengkompres wajah dengan menggunakan washlap basah yang direndam pada air es selama 10 menit. Icara menghilangkan komedo dengan praktis. Hangatkan esendok makan madu lalu oleskan pada wajah yang berkomedo lalu diamkan selama 10 menit dan bilaslah wajah tetapi jangan lupa selalu meminum suplemen rutin agar wajah tidak berjerawat dan berkomedo dengan Blass.. Selamat mencoba!

Got comments? Post them here!