Berbagai Minuman Berbahan Jahe untuk Menghangatkan Harimu

Jahe
(Foto dari www.herbalremediesadvice.org)
Jahe (Foto dari www.herbalremediesadvice.org)

Jahe
(Foto dari www.herbalremediesadvice.org)

 

Sahabat Naia pasti sudah akrab dengan Jahe dong? Banyak sekali resep masakan dan minuman Indonesia yang menyertakan Jahe. Berbagai penelitian membuktikan bahwa kandungan senyawa di dalam jahe berfungsi sebagai antioksidann yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.Senyawa radikal sendiri merupakan senyawa yang bisa mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit degeneratif seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, stroke, dan osteoporosis. Di musim hujan seperti ini mengkonsumsi jahe merupakan cara yang ampuh untuk menjaga kekebalan tubuh.

Sahabat Naia pasti sudah sering menemui berbagai minuman berbahan jahe seperti wedang jahe, teh jahe, dan STMJ. Berikut adalah alternatif minuman berbahan jahe yang bisa Sahabat Naia buat dengan mudah di rumah.

 

Kopi Jahe

Kopi dan Jahe sama-sama memiliki zat antioksidan.Bahan membuat kopi jahe antara lain kopi bubuk, jahe dikeprek, gula merah, dan susu kental manis (opsional). Lebih lengkapnya bisa disimak di video dari berikut.

 

Bir Pletok

Bir pletok adalah minuman khas betawi yang berkembang sejak jaman Belanda. Walaupun namanya bir tapi minuman ini tidak membuat sahabat Naia mabuk kok. Yuk simak cara membuatnya via video berikut.

 

Masala Chai

Masala Chai (Teh Masala) adalah minuman berbahan dasar jahe, kapulaga, cengkeh, kayu manis, susu, dan teh yang berasal dari India. Perpaduan, susu, teh, dan berbagai rempah-rempah membuat masala chai bermanfaat untuk menjaga imunitas dan energi sahabat Naia di musim hujan.

 

Baesuk

Baesuk adalah minuman musim dingin khas Korea berbahan dasar buah pear atau yang biasa disebut bae dalam bahasa Korea. Menurut Wikipedia, minuman ini dulunya adalah minuman yang dihidangkan khusus untuk istana di Era Joseon loh Sahabat Naia.  Minuman ini baru diperkenalkan kepada publik di pertengahan abad ke-20. Bahan-bahannya antara lain buah pear, jahe, merica, madu, dan kacang tanah. Selengkapnya ada di video berikut ini.

 

Ginger Detox Drink with Lemon

Campuran air lemon dan jahe bisa menjadi pilihan Sahabat Naia untuk membuang racun dalam tubuh atau yang biasa dikenal dengan detoksifikasi. Minuman ini bisa membantu membantu menurunkan berat badan.

 

Nah Itu tadi beberapa alternatif minuman berbahan Jahe. Semoga bisa menghangatkan dan menjaga daya tahan tubuh Sahabat Naia. Selain itu bisa juga dijadikan sebagai kado sederhana di hari Ibu.

Got comments? Post them here!