Mengenal Lebih Dekat Tanaman Senna

Tanaman Senna
(Foto dari hidupsehat.web.id)

Sahabat Naia sebelumnya pasti sudah mengetahui tentang salah satu kandungan Naia slimming capsule yaitu tanaman senna atau yang biasa dikenal dengan jati cina. Senna dikenal sebagai tanaman dengan berbagai manfaat di bidang kesehatan.

 

Tanaman Senna (Foto dari hidupsehat.web.id)

Tanaman Senna
(Foto dari hidupsehat.web.id)

 

Menurut Jurnal Studi Tanaman Kesehatan dari India,varietas tanaman senna pertama kali ditemukan di sepanjang sungai Nil yang mengalir di Mesir dan Sudan. Jenis kedua dibudidayakan secara luas di India bagian utara dan timur. Senna juga tumbuh di Pakistan dan China. Senna tumbuh setinggi kir-kira 1 meter di iklim subtropis. Daun dan buah senna biasa dipetik pada hari ke 50,90, dan 130 setelah benih ditanam. Daun senna dan buahnya kini populer dijual sebagai teh untuk pelangsing dan pengobatan di Indonesia.
Daun dan buah senna dikenal memiliki efek sebagai pencahar (pencuci perut) yang berguna untuk mengalami kebiasaan konstipasi. Penelitian di bidang farmasi menyebutkan bahwa senosida A dan B yang terkandung dalam senna berfungsi mempercepat gerakan peristaltik usus dan menaikkan volume hasil pencernaan. Dengan menghambat aktivitas sodiumpotasium adenosine triphosphatase di enterosit, sodium, klorida dan air yang terabsorpsi oleh usus menjadi sedikit sehingga feses menjadi lembek.

Peningkatan aktivitas usus akan memperpendek durasi makanan di usus. Hasilnya, usus akan mengabsorpsi nutrisi lebih sedikit dari makanan. Nutrisi tersebut termasuk diantaranya protein, lipid, karbohidrat, kolesterol, LDL, dan trigliserida. Maka dari itu, anthracenedione dapat menurunkan kadar kolesterol dan kadar trigliserida serta mempertahankan berat badan.

1. Konstipasi
Mengkonsumsi senna secara langsung akan efekif untuk pengobatan kostipasi jangka pendek. Senna adalah obat yang aman dikonsumsi tanpa resep oleh dewasa dan anak-anak umur lebih dari 2 tahun.

2. Persiapan usus sebelum colonoscopy
Mengkonsumsi senna secara langsung efektif untuk pembersihan usus sebelum colonosopy.

3. Kehamilan dan masa menyusui
Senna aman dikonsumsi selama masa kehamilan dan menyusui jika digunakan dalam jangka pendek bukan untuk penggunaan terus-menerus dalam jangka panjang.

Penggunaan senna bukan berarti boleh seenaknya. Sahabat Naia perlu memperhatikan dosis pemakaian baik mengkonsumsi langsung maupun dalam bentuk obat. Sebagai tanaman obat, senna memiliki efek samping. Penggunaan senna berlebih dapat menyebabkan kram perut yang jika terus digunakan bisa menyebabkan diare. Tapi sahabat Naia tak perlu khawatir, penggunaan senna dengan tepat pasti akan sangat bermanfaat dan jauh dari efek samping.

 

 

Got comments? Post them here!