Kudapan Sehat Keluarga: Classic Apelstrudel

Apfelstrudel
(Foto dari www.advantageaustria.org)

Hai Sahabat Naia! Apa rencanamu untuk menandai Kalender 2016 ini? Mulai memasak sehat yuk!

Setahun belakangan di Malang sedang populer oleh-oleh baru hasil olahan buah apel yaitu strudel. Penganan ini sebenarnya adalah kue pastry khas Jerman namun juga terkenal di Austria dan banyak negara Eropa yang dahulu masuk sebagai wilayah kekaisaran Austro-Hungaria.

 

Apfelstrudel (Foto dari www.advantageaustria.org)

Apfelstrudel
(Foto dari www.advantageaustria.org)

 

Kali ini Naia akan berbagi resep Apfelstrudel atau strudel apel. Di resep ini Naia akan membagikan resep apfelstrudel klasik Austria yang disadur dari Food Network.

Penyajian untuk 16 orang. Waktu memasak kurang lebih 2 jam.

Bahan adonan kulit luar:

3 cup tepung terigu
1 butir telur
1/4 cup butter tawar
1/2 sdt garam
1 cup air dingin
minyak sayur

Isian:

3/4 cup remahan tepung roti kasar
1/2 cup butter tawar cair
1 1/2 pon, 14 apel kupas yang diiris tipis
1/3 cup gula pasir
3/4 cup kismis
3/4 cup kacang tanah yang dihancurkan kasar
2 sdt bubuk kayu manis
5 ons butter tawar

Langkah-langkah::

Untuk adonan: Masukkan tepung, telur, butter lembut dan garam dalam mangkuk mixer listrik. Aduk dengan kecepatan paling rendah, tambahkan air dingin secukupnya untuk membuat adonan lembut. Uleni adonan di mixer listrik pada kecepatan sedang sampai halus dan elastis, sekitar 5 menit. Bentuk adonan menjadi bola dan lumuri dengan minyak. Tutup dan biarkan pada suhu kamar selama sekitar 1 jam.

Untuk Isian: Untuk membuat remahan tepung roti kasar, panggang irisan roti putih dalam oven sampai renyah, sekitar 10 menit. Potongpotong dan masukkan ke dalam food processor. Nyalakan food processor sampai roti menyerupai remah-remah roti besar. Panaskan panci dengan tingkat medium heat, goreng remahan roti di 1/4 cup butter cair sampai berwarna coklat keemasan. Tiriskan remahan roti. Aduk campuran irisan apel gula pasir, kismis, kacang, bubuk kayu manis dan separuh dari remahan roti tadi. Masukkan irisan butter ke adonan tersebut lalu aduk secara perlahan.

Membentuk roll:

  1. Tutup meja kerja Naia sekitar 60×60 cm dengan kain bersih. Kain digunakan untuk  meregangkan dan rolling adonan. Pastikan bahwa kain tersebut terpasang erat ke meja. taburkan tepung ke atas kain tadi.
  2. Tempatkan adonan di tengah-tengah kain. Menggunakan rolling pin, roll adonan ke dalam, membentuk persegi panjang tipis besar. Ketika adonan sudah sangat tipis, selanjutnya diregangkan dan tarik lagi. Untuk meregangkan dan menarik adonan, letakkan tangan  di bawah adonan, dan, dengan menggunakan ibu jari Anda dan punggung tangan Anda, lalu tarik dan regangkan adonan. Ukurannya sesuai dengan selera sahabat naia. Berhati-hatilah jangan sampai adonan robek.
  3. Setelah itu ditarik dengan ukuran yang tepat, biarkan adonan selama beberapa menit. Tepian adonan akan menebal, trim bagian ini.
  4. Tempatkan isian apel memanjang di sisi pinggir. Olesi bagian adonan dengan sisa butter cair. Taburkan remah-remah roti yang tersisa di atas adonan.
  5. Gunakan kain untuk membantu mengangkat adonan. Gulung strudel dari sisi isian apel.
  6. Tempatkan strudel dalam loyang. Olesi bagian atasnya dengan butter cair . Sikat strudel dengan yang terakhir dari mentega cair.
  7. Panggang selama sekitar 35 menit
  8. Angkat loyang dari oven dan biarkan.
  9. Iris strudel sesuai selera.
  10. Makanlah selagi hangat

 

 

Got comments? Post them here!