Lari! Cara Hemat dan Sederhana Menurunkan Berat Badan

Berlari Buat Menurunkan Berat Badan
(Foto dari blog.codyapp.com)

 

Berlari Buat Menurunkan Berat Badan (Foto dari blog.codyapp.com)

Berlari Buat Menurunkan Berat Badan
(Foto dari blog.codyapp.com)

Lari udah jadi bagian dari gaya hidup masyarakat kota. Beberapa tahun ke belakang nih, komunitas lari muncul di pelbagai daerah. Marathon dengan berbagai tujuan pun digelar dimana-mana.

Ya emang sih lari itu salah satu olahraga yang paling murah. Ngga perlu beli equipment nge-gym buat di rumah dan ngga perlu nambahin biaya PLN. Apalagi nge-gym di tempat fitness, perlu bayar membership bulanan.

Lari bisa jadi solusi murah buat nurunin berat badan loh, Sahabat Naia. Asal..dilakukan tidak dengan sembarangan. Alias ada aturannya.

Nah berikut Naia kasih tips buat kamu yang mau berat badannya turun, dengan cara murah.

Step pertama adalah makan makanan sehat

 

Makan Makanan Sehat (Foto dari cosozo.com)

Makan Makanan Sehat
(Foto dari cosozo.com)

 

Percuma aja sih rajin jogging tapi sahabat Naia makanannya ngga dijaga. Setiap mau nurunin berat badan 1 kg, sahabat naia perlu membakar 7000 kalori. Jadi mengkombinasikan olahraga sam diet itu emang harus banget. Ngga boleh timpang! Berlari juga butuh asupan nutrisi yang cukup. Sahabat Naia bisa mencoba makanan yang tinggi kalori dengan sedikit porsi lemak tinggi, dengan lebih banyak makan sereal, sayur, dan buah.

Ada kesalahan yang sering disalahartikan oleh para pelari yang biasanya mengganti kalori yang mereka bakar secara berlebihan saat berlari dengan makan dan minum berlebih. Nah, disini buat menjaga asupan gizi berimbang, sahabat Naia perlu mencatat makanan apa saja yang dimakan dalam beberapa minggu. Lalu dievaluasi, bagaimana diet yang berjalan selama ini, perlu improvement atau tidak.

Buat Jadwal!

 

Contoh Jadwal Lari Untuk Pemula (Foto dari womenshealthmap.com)

Contoh Jadwal Lari Untuk Pemula
(Foto dari womenshealthmap.com)

 

Taat sama aturan bisa jadi motivasi buat selalu ada pada jalur! Dengan bikin jadwal, sahabat Naia jadi tau apa yang akan dilakukan tiap harinya. Jadi bakalan semakin sulit buat skip lari. Disini sahabat naia emang butuh konsistensi dan komitmen buat naatin jadwal yang sahabat naia buat sendiri.

Berlari secara rutin

 

Contoh Rutinitas Lari (Foto dari thefarmersdaughter.com)

Contoh Rutinitas Lari
(Foto dari thefarmersdaughter.com)

 

Kalaupun ada hal-hal diluar kemapuan sahabat Naia buat ngga ngikutin jadwal. Seenggaknya berlarilah secara rutin. Soalnya ngga mungkin sahabat naia bisa nurunin berat badan kalau cuma lari sekali seminggu aja. Idealnya kita perlu berlari 3-4 kali seminggu biar bisa nurunin berat badan.

Buat tantangan

Contoh Tantangan Lari 9Foto dari pinterest.com)

Contoh Tantangan Lari
9Foto dari pinterest.com)

 

Ngatur kecepatan lari sama interval latihan ke dalam rutinitas lari sahabat Naia bisa bantu usaha untuk nurunin berat badan. Kecepatan lari juga bisa mempercepat terbakarnya kalori dalam tubuh. Hal ini juga bisa menaikkan masa otot kita dan membantu meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh, karena sahabat Naia membakar ekstra kalori dalam sehari.

Jangan Skip Makan!

 

Makan Secara Teratur (Foto dari blog.chsbuffalo.org)

Makan Secara Teratur
(Foto dari blog.chsbuffalo.org)

 

Jika sahabat Naia berlari secara rutin dan melakukan latihan dalam jangka waktu yang cukup lama, kecukupan nutrisi sangat penting untuk performa olahraga. Mengkindari jam makan ngga akan membantu otot sahabat Naia dalam bekerja. Ada waktu yang krusial untuk performance dan recovery tubuh kita. Makan secara teratur itu memang sangat penting. Makanya jangan sembarang nunda makan ya!

Got comments? Post them here!