15 Makanan Ini Bisa Jadi Solusi Tepat Dietmu (Part 1)

Konsumsi suplemen sih iya, tapi memperhatikanasupan makan paling utama. (www.healthyfoodtaste.com)
Konsumsi suplemen sih iya, tapi memperhatikanasupan makan paling utama. (www.healthyfoodtaste.com)

Konsumsi suplemen sih iya, tapi memperhatikanasupan makan paling utama. (Foto dari www.healthyfoodtaste.com)

Halo sahabat Naia bagaimana dietmu di awal Februari ini? Disamping mengkonsumsi suplemen diet hendaknya juga selalu mengontrol asupan makanan kita. Percuma saja sahabat Naia mengkonsumsi suplemen tapi asal-asalan dalam mengkonsumsi makanan. Plus cek juga jangan sampai kamu campur sianida hehe. Berikut 15 makanan super yang bisa membangun otot, menghalau berbagai penyakit, meningkatkan penglihatan, dan menjaga kesehatan otakmu seperti yang diungkapkan oleh Sarah Klein. Juga nggak akan susah dan mahal untuk ditemukan di Indonesia.

Kacang Hitam

JJajangmyeon, mie khas Korea berbahan saus kacang hitam id.wikihow.com

Jjajangmyeon, mie khas Korea berbahan saus kacang hitam ( Foto dari id.wikihow.com)

Bagi Kamu sahabat Naia yang suka nonton drama Korea pasti familiar dengan Jjaangmyeon, mie dengan saus berwarna hitam. Yap, kacang hitam adalah bahan utama saus tersebut. Satu cup kacang hitam mengandung 15 gram protein dan tidak mengandung lemak jenuh nseperti di sumber protein lain seperti daging merah.

Oat

Fiber dalam oat dapat menurunkan kadar gula darah bahkan menghalau kanker usus (www.123rf.com)

Fiber dalam oat dapat menurunkan kadar gula darah bahkan menghalau kanker usus (Foto dari www.123rf.com)

Oat kaya akan fiber, jadi dengan menyiapkannya untuk sarapan sahabat Naia akan merasa kenyang seharian. Hanya dengan setengah cup saja, bisa jadi karbo yang cehat untuk mendorong metabolisme dan membakar lemak jahat di tubuh kamu.

Alpukat

Alpukat tidak mengandung lemak jahat (Foto dari www.huffingtonpost.it)

Alpukat tidak mengandung lemak jahat (Foto dari www.huffingtonpost.it)

Tak apa jika sahabat Naia suka mengkonsumsi makanan berlemak sejauh itu bukan lemak jat seperti alpukat ini. Asam tak jenuh yang menjadi sebuah komponen dalam alpukat merupakan healthy monounsaturated fats (MUFAs). Senyawa ini bisa memicu tubuhmu untuk tidak cepat lapar. Potongan seperempat atau setengah alpukat, bisa menjauhkanmu dari perut buncit. Buah creamy ini juga mengandung fiber dan protein loh.

Brokoli

Brokolidikenal bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh (Foto dari addapinch.com)

Brokoli dikenal bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh (Foto dari addapinch.com)

Kalau Riley (karakter animasi Inside Out) benci dengan brokoli karena terlihat menjijikkan tapi kamu jangan ikutan menghakimi brokoli ya sahabat Naia. Baik dimasak atau mentahan, sayuran ini baik untuk menghalau kanker. Selain itu dengan menghidangkannya dalam 30 kalori, membuat brokoli bisa menghalau kegemukan juga.

Brown Rice

Brown rice, beras yang masih mengandung bekatul (Foto dari tokopedia.com)

Brown rice, beras yang masih mengandung bekatul (Foto dari tokopedia.com)

Kamu yang belum tau mungkin bertanya-tanya brown rice itu jenis beras seperti apa? Apa beras merah? Bukan! Brown rice adalah beras biasa yang kamu makan sahabat Naia. Brown rice merupakan beras biasa yang hanya dihilangkan sekamnya saja, tidak digiling sampai putih bersih. Dengan begitu bekatul yang kaya serat tidak ikut terbuang. Brown rice lebih sehat dari beras putih biasa. Setengah cup brown rice mengandung 1,7 gram bekatul, suatu karbo sehat uang dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak. Plus brown rice adalah jenis low-energy-density food, yang berarti mengenyangkan namun rendah di kalori.

Pear

Berbagai varian buah pear (Foto dari localfoods.about.com)

Berbagai varian buah pear (Foto dari localfoods.about.com)

Makan satu buah pear dapat memenuhi 15% dari kebutuhan fiber yang disarankan sehari-hari. Suatu studi menemukan bahwa seorang wanita yang makan 3 pear sehari, mengkonsumsi kalori lebih rendah dan kehilangan berat badan lebih banyak daripada yang tidak. Usahakan untuk tidak mengkupas kulitnya karena banyak terkandung fiber didalam kulit buah ini.

Almond

Almond kaya manfaat untuk kesehatan (Foto dari www.quitecurious.com)

Almond kaya manfaat untuk kesehatan (Foto dari www.quitecurious.com)

Almond berasal dari Timur Tengah dan Asia Selatan. Almond kaya akan magnesium, vitamin E, fosfor, zat besi, dan kalsium. Almond, sebagaimana kacang-kacangan lain, mengandung lemak sehat yang dapat membuat tubuhmu langsing.

Nah itu tadi 7 dari 15 makanan yang bisa menyukseskan program dietmu. Simak 8 sisanya di artikel part 2 ya.

 

Got comments? Post them here!