6 Alasan Untuk Memberi Dark Chocolate di Hari Valentine

Manisnya cokelat gak cuma dirasa, tapi juga di kesehatan (Foto dari thechicspy.com)
Manisnya cokelat gak cuma dirasa, tapi juga di kesehatan (Foto dari thechicspy.com)

Manisnya cokelat gak cuma dirasa, tapi juga di kesehatan (Foto dari thechicspy.com)

Besok adalah Hari Valentine, yang berarti saatnya menunjukkan kasih sayang paa pasanagan. Kartu ucapan, bunga, dan sekotak cokelat adalah hadiah yang umum diberikan di hari kasih sayang. Jika sahabat Naia berniat memberikan dark chocolate itu adalah pilihan yang tepat. Masih ingat ngga sama  artikel 15 Makanan Ini Bisa Jadi Solusi Tepat Dietmu (Part 2) ? Disitu Naia membahas berbagai makanan yang baik dikonsumsi sebagai solusi diet. Nah, slah satunya dark chocolate ini. Mau tau lebih lanjut manfaat dark chocolate? Simak paparan dari Naia berikut ini yuk.

  1. Menurunkan tekanan darah. Satu manfaat dark chocolate untuk jantung adalah kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah. Kakao memiliki kandungan folifenol yang melimpah yaitu flavanol, yang mana menstimulasi produksi nitric oksida (NO) yang amat penting untuk mengisyaratkan molekul. Ketika zat tersebut diproduksi dalam arteri, NO berperan sebagai vasolidator, memberikan relaksasi pada arteri dan membuatnya terbuka, sehingga tekanan darah pun akan menurun.
  2. Meningkatkan sensitivitas insulin. Para peneliti dari Italia mempublikasikan sebuah studi yang menunjukkan bahwa manfaat kesehatan dari dark chocolate secara signifikan meningkatkan sensitivitas insulin-menurunkan level glukosa.
  3. Menengahi inflamasi. Peradangan memiliki peranan penting dalam penyakit jantung, diabetes, kanker, alzheimer, dan sebagainya. Flavanol Kakao dalam dark chocolate dapat menurunkan peradangan dengan mereduksi konsentrasi darah sebanyak 5-lipoksigenase (5-LO), sebuah enzim kunci dalam sistesis leukotrien-sebuah komponen aktif dalam peradangan.
  4. Meningkatkan perlindungan HDL Kolesterol. Meskipun mengandung komponen lemak jenuh yang kuat, paling banyak kandungannya adalah  stearic acid, yang mana tidak seperti lemak jenuh lainnya, ia tidak memiliki  efek merugikan pada level kolesterol. Faktanya, dark chocolate benar-benar muncul untuk meningkatkan proteksi HDL kolesterol, yang mana tidak memiliki efek pada LDL kolesterol.
  5. Membantumu menurunkan berat badan. Dark chocolate mengandung kafein, teofilin, dan teobromin yang termasuk dalam komponen yang menaikkan pembakaran lemak. Plus, kakao membantu menakan nafsu makan dan mendorong kesehatan.
  6. Mengurangi resiko stroke pada wanita. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American College of Cardiology menunjukkan bahwa manfaat kesehatan lainnya dari dark chocolate adalah mengurangi resiko stroke pada wanita. Peneliti menemukan bahwa wanita dengan tingkat konsumsi cokelat yang tinggi memiliki resiko stroke lebih rendah, 20%. Alasannya adalah kakao dalam cokelat mengandung flavonoid, yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh, membantu menjaga LDL kolesterol dari oksidasi dan kontribusi terhadap stroke.

Untuk mendapatkan manfaat dari dark chocolate, carilah dark chocolate berkualitas yang mengandung 70% kakao atau lebih. Jangan hilangkan kandungan lemak, dan mengharapkan gula. Dark chocolate tanpa pemanis sangatlah pahit, dan dengan yang diberi pemanis, untuk mendapatkan rasa yang pas, carilah brand yang sesuai selera. Karena lemak dan kandungan gulanya, dark chocolate padat kalori, jadi jangan berlebihan untuk mengkonsumsinya.

 

Got comments? Post them here!