Inilah 6 Jenis Makanan Yang Harus Kamu Hindari Kalau Ingin Diet Sehat

produk-dairy-susu-diet-naia-slimming

Setelah kemarin kita sempat membahas seputar superfood (part 1-2) untuk ngebantu diet sahabat Naia, kali ini kita mesti waspada terhadap beberapa bahan makanan yang mungkin kamu konsumsi saat memprogram buat diet sehat. Sebenernya apa sih diet sehat itu? Sederhana aja. Semua orang butuh yang namanya campuran protein, karbohidrat, dan lemak, ditambah lagi dengan kecukupan vitamin dan mineral untuk kesehatan optimal. Tapi studi penelitian mengungkapkan bahwa beberapa pemilihan makanan di beberapa kategori ini lebih baik dari yang lainnya.

Ada nggak makanan yang seharusnya ngga kamu makan? Ngga juga. Jika kamu punya es krim sundae alakadarnya, makanlah sedikit tak apa. Asal ngga kamu konsumsi tiap hari aja. Kamu kalau suka hobi makan keripik juga ngga masalah asal ngga keseringan dan diganti dengan snack yang sehat. Makan sehat bukan berarti mengeliminasi makanan tertentu secara bersamaan. Terkadang, ada beberapa makanan yang bagus dimakan dengan jarang.

Para pakar gizi dari Harvard telah menghimpun daftar makanan yang mesti kamu tekan konsumsinya hingga batas tertentu. Peneliti merekomendasikan beberapa makanan ini secara regulern (dan sebagai larangan pilihan yang lebih sehat) dan dapat mengatur penekanan terhadap resiko sakit jantung, darah tinggi, diabetes, dan bahkan beberapa jenis kanker.

Penambahan Gula 

various types of sugar

Meskipun gula yang kamu konsumsi rendah lemak, kebutuhan gula kita harus tetap diperhatikan (Foto dari www.webmd.com)

Meskipun kamu pakai gula granul, gula jagung, brown sugar, sirup jagung berfruktosa tinggi, atau madu, gula nyaris tanpa kandungan nutrisi dan murni karbohidrat.Ketika kamu mengkonsumsi gula dengan banyak, kamu sebenernya mengkonsumsi kalori kosong, menaikkan tekanan darah ke titik tinggi lalu jatuh seperti roller coaster, dan membuatmu ngga makan makanan dengan nutrisi dan fiber yang penting.

Lemak Produk Berbahan Baku Susu

produk-dairy-susu-diet-naia-slimming

Gantilah produk susu dengan rendah lemak kalau ingin dietmu sukses (Foto dari www.freepik.com)

Es krim, berbagai susu, dan keju penuh dengan lemak jenuh dan secara alami penuh dengan lemak jenuh dan lemak trans. Keduanya bisa meningkatkan resiko kesehatan, utamanya penyakit jantung. Susu tersehat adalah susu rendah lemak, seperti skim milk, susu dengan 1% lemak, dan keju yang rendah lemak.

Kue (panggang) Manis

kue-makanan-sehat-diet-langsing-naia-slimming

Kue memang sulit dihindari, tapi sekarang sudah banyak kok kudapan yang sehat (Foto dari www.delish.com)

 

Kue kudapan, donat, patiseri, dan kue manis lainnya mungkin akan sulit dihindari apalagi pas hari raya ya sahabat teras? Tapi ada kok berbabagai jenis kue dengan karbohidrat dan gula yang rendah serta garam.

Karbohidrat Putih

nasi-karbohidrat-putih-diet-naia-slimming

Menggantikan karbohidrat biasa dengan yang whole grain adalah pilihan bijak (Foto dari www.getreligion.org)

Roti, pasta, kentang, nasi, kue, atau penekuk memang sumber karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan kalori kita, tapi pilihlah yang versi whole grain.  Atau kamu bisa menggantikan kebutuhan karbohidratmu dengan oatmeal yang rendah gula dan lemak tak sehat.

Daging Olahan dan Tinggi Lemak

daging-makanan-sehat-diet-naia-slimming

Mengkonsumsin daging ngga sembarangan, pilihlah bagian terbaik dari daging (Foto dari www.radionz.co.nz)

Dibalik berbagai perdebatan, keseimbangan bukti memperkuat bahwa daging olahan seperti bacon, ham, pepperoni, hot dogs, dan daging olahan lain lebih ngga sehat dibanding dengan protein ikan, ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Daging merah segar seharusnya dimakan dengan takaran rendah dan dipilih bagian tertentunya yang rendah lemak jahat.
Garam

garam-makanan-sehat-langsing-naia-slimming

Konsumsi garam berlebih akan menyebabkan peningkatan resiko sakit jantung (Foto dari www.todayifoundout.com)

Baru-baru ini pedoman diet dan Asosiasi Jatung Amerika Serikat merekomendasikan pengurangan sodium hingga 1.500 mg. Dan mengkonsumsi tak lebih dari 2.300 mg perhari. Tapi mayoritas orang mengkonsumsi 1,5 sendok teh atau 8500 mg tiap harinya.yang mengandung 3.400 mg sodium. Tubuh kita hanya membutuhkan sedikit sodium, tapi terlalu banyak sodium dapat meningkatkan tekanan darah, resiko penyakit jantung, dan stroke.

Jika kamu merasa kesulitan untuk ngurangi makanan tersebut, bisa banget loh konsultasi di forum Naia Slimming.