6 Cara Mendapatkan Gigi Putih Nan Menawan

Siapa sih yang nggak pengen punya senyum menawan seperti Fatin? (Foto dari www.sipayo.com)
Siapa sih yang nggak pengen punya senyum menawan seperti Fatin? (Foto dari www.sipayo.com)

Siapa sih yang nggak pengen punya senyum menawan seperti Fatin? (Foto dari www.sipayo.com)

 

A warm smile is the universal language of kindness. – William Arthur Ward

Menarik ya memiliki senyum cemerlang seperti Fatin? Senyum adalah bahasa tubuh yang sarat makna akan kebahagiaan dan kebaikan. Senyum yang menawan layaknya didukung dengan gigi yang putih terawat. Tapi, banyak dari kita yang berpikir dua kali untuk melakukan perawatan gigi demi mendapatkan gigi putih alami. Apalagi kalau bukan masalah biaya ataupun waktu. Apalagi bagi pecinta kopi ataupun perokok, yang membuat gigi menjadi semakin menguning. Banyak sekali merek pasta gigi yang menawarkan solusi untuk permasalahan ini. Tinggal cocok atau nggak-nya pasta gigi itu di gigi kamu sahabat Naia. Tenang, Naia punya 6 alternatif cara untuk membantu memutihkan gigimu loh.

Hidrogen peroksida dan baking soda

Baking soda dan hidrogen peroksida merupakan salah satu hal yang lazim digunakan sebagai pemutih gigi sejak dulu. Campuran keduanya dapat dipakai sebagai pengganti pasta gigi biasa. Sedikit tetesan hidrogen peroksida 3% dicampur dengan baking soda dicampur hingga memberntuk pasta. Kemudian barulah dioleskan ke gigi dan sikat seperti menyikat gigi biasanya. Tapi jangan gunakan cara ini dengan sering sebagai pengganti pasta gigi ya. Cukup gunakan selama tiga hingga lima hari saja, setelah ini sahabat Naia bisa mengaplikasikannya lagi setelah 6 bulan kemudian.

Pasta Stroberi

Stroberi memiliki kandungan asam malat yang sangat baik digunakan untuk menghilangkan noda bekas kopi, wine, dan teh pada gigi kita. Haluskan satu atau dua stroberi dan tambahkan satu sendok teh baking soda, lalu gosokkan pada gigi selama 5-7 menit. Selanjutnya kumur sampai bersih. Tapi sekali lagi, jangan digunakan dengan sering ya karena dapat membuat gigi menjadi keropos.

Pisang

Jika kamu suka mencuci mulut dengan pisang, jangan buru-buru untuk membuang kulitnya ya sahabat Naia. Bagian dalam dari kulit pisang kaya akan kalium, magnesium, mangan, dan mineral lain yang baik untuk memutihkan gigi. Mineral yang terkandung dalam kulit pisang dapat diserap kedalam lapisan enamel dan menjadikan gigi menjadi putih sehat. Setelah menggosok gigi, kupaslah bagian dalam dari kulit pisang lalu gosokkan ke gigi sekitar dua menit kemudian kumur-kumur dengan air. Lakukan hal yang sama sebelum tidur untuk mendapat hasil yang terbaik. 

Cuka apel

Cuka sari apel nyatanya mampu membantu kerja pasta gigi untuk mendapatkan gigi putih cemerlang. Campurkan cuka apel dengan perbandingan 3 kali air dengan 1 cuka dan pasta gigi lalu gosokkan ke gigi seperti menggosok gigi biasa.

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang bisa menjadi enzim pemutih gigi jika tercampur dengan air liur. Kombinasi keduanya menghasilkan molekul oksigen yang mengikat noda di gigi. aparoses oksidasi radikal bebas ini menghasilkan reaksi kimia yang menyingkirkan noda saat menyikat gigi dan berkumur. Tapi berkumur dengan minyak kelapa selama 20 menit tidaklah cukup sahabat Naia. Akan lebih baik kalau minyak kelapa tersebut dibuat pasta. Pertama, panaskan secangkir minyak kelapa kemudian tambahkan 2 sendok teh baking soda dan 10 tetes spearmint essential oil (berfungsi sebagai perasa dan antimikroba)

Pasta arang

Arang aktif memiliki efek detoksifikasi yang juga baik sebagai solusi memutihkan gigi. Butiran remahan arang yang berpori dapat mengikat bakteri sebelum menjadi noda di gigi. Caranya, campurkan arang dengan sedikit air lalu gosokkan ke permukaan gigi dengan lembut. Biarkan selama dua menit, kemudian berkumur hingga bersih.

Nah itu tadi sahabat teras, gampang kan? Selamat mencoba bikin pemutih gigi alami sendiri ya!