7 Rutinitas Pagi Yang Wajib Dilakukan Sebelum Beraktivitas Untuk Mendapatkan Kulit Cantik

Bangun tidur langsung singkirkan minyak di wajah dengan cleanser (Foto dari www.theskinsurgerycentre.com)
Bangun tidur langsung singkirkan minyak di wajah dengan cleanser (Foto dari www.theskinsurgerycentre.com)

Bangun tidur langsung singkirkan minyak di wajah dengan cleanser (Foto dari www.theskinsurgerycentre.com)

Mencuci muka dengan pembersih wajah (gentle cleanser)
Gunakan gentle cleanser untuk mengangkat minyak di pagi hari yang telah terakumulasi semalaman. Mulailah pagi sahabat teras dengan wajah yang bersih!

Senantiasa melindungi kulit saat beraktifitas di luar ruang

Aplikasikan antioksidan untuk menunda atau menghalau kerusakan sel kulit yang diakibatkan oleh polusi maupun sinar ultraviolet. Antioksidan dalam produk perawatan kulit umumnya mengandung vitamin C dan E, phloretin, ferulic acid, dan tumbuh-tumbuhan seperti resveratrol, teh hijau, dan coffee berry.

Jangan lupa selalu gunakan tabir surya

Berilah jeda beberapa menit untuk membiarkan antioksidan meresap ke dalam kulit, lalu aplikasikan tabir surya minimal mengandung SPF Angka ini menurut penelitian sangat efektif untuk menangkal sinar ultraviolet. Jika BB cream atau foundation yang sahabat Naia pakai mengandung tabir surya, pastikan ya kalau kosmetikmu mengandung SPF 30. Atau aplikasikan make up seperti biasa setelah beberapa menit setelah mengaplikasikan tabir surya secara terpisah.

Selalu menutupi bagian leher, dada, dan tangan

Jangan lupa untuk mengusapkan antioksidan dan tabir surya di leher, bagian atas dada, dan punggung tangan. Area tersebut adalah area yang sering terpapar sinar ultraviolet matahari saat sahabat Naia berkendara. Kebanyakan orang hanya fokus pada pengaplikasian tabir surya di wajah saja, padahal bagian tubuh yang lain pun bisa menunjukkan efek buruk dari paparan sinar matahari langsung meskipun wajah sudah terlindungi.

Tidak memencet jerawat

Bintik-bitik jerawat memang menyebalkan, tapi jangan biarkan rasa geregetanmu menular ke tangan buat mencetin jerawat ya. Itu justru bisa menjadikan infeksi. Gunakanlah obat jerawat yang mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, atau belerang agar jerawat mengering. Bahkan beberapa merek concealer yang biasa kita pakai untuk menyamarkan bintik hitam saat make up mengandung bahan-bahan tersebut. Lumayan ya, nutupin sambil nyembuhin.

Sarapan yang penuh warna

Diet makanan dengan banyak mengkonsumsi berbagai varian warna buah dan sayur (teratama berry dan sayuran hijau), bagus untuk membuat kulit menjadi bercahaya. Tambahkan buah berry ke dalam oatmeal, sereal, yogurt, atau smoothie. Berry memiliki fungsi antioksidan dan mengandung vitamin C, yang mampu membuat kulit semakin cerah. Supaya semakin oke, hindarilah alkohol, gula, dan produk makanan olahan saat kamu diet. Jika kamu sensitif pada gluten dan produk susu, justru itu bagus untuk dietmu karena akan membuat kulit semakin sehat.

Minum air putih yang banyak

Saat kamu dehidrasi, kulitmu akan terlihat kering dan terlihat lelah. Kulit menyukai kelembaban, maka minum air sangat penting untuk menghindari kulit kering. Minumlah segelas air sebelum minum kopi dan 2 gelas sebelum makan siang. Tetap ingat selalu penuhi 8 gelas air putih untuk harianmu ya.