Beginilah Cara Kuku Memberitahu Kondisi Kesehatanmu

Foto diambil dari pinterest.com
Foto diambil dari pinterest.com

Foto diambil dari pinterest.com

Sebagai wanita, pasti sahabat Naia sangat concern dengan kecantikan termasuk kuku. Trimming, filing, dan painting menjadi bagian dari cara membuat kuku menjadi cantik untuk melengkapi penampilanmu. Selain kuku bisa diibaratkan canvas yang bisa sahabat Naia warnai dan hias sesuka hati, kuku juga bisa jadi detektor kesehatan kita loh. Hal itu bisa dilihat dari perubahan warna, bentuk, dan teksturnya.

Meskipun tidak bisa dibandingkan dengan diagnosis dokter, setidaknya dengan mengetahui perubahan di dalam kuku kita bisa kita jadikan peringatan untuk membantu mendeteksi dan mencegah isu kesehatan serius yang bisa menimpa diri kita. Inilah tanda-tanda perubahan kuku yang bisa kita waspadai.

Patah
Patahnya kuku setelah kamu menghabiskan uang untuk perawatan mungkin bukan semata karena kamu ceroboh. Jika kukumu sering patah bisa jadi itu adalah pertanda kalau kamu sedang dalam kondisi yang tidak baik. Patahnya ujung kukumu bisa diasosiasikan dengan penyakit peradangan kulit yang biasa disebut dengan Darier’s disease.

Melengkung ke dalam
Dikenal dengan istilah spoon nails, kelainan ini dapat disebabkan karena kekurangan zat besi.

Keras (tumpul)
Kuku yang mengeras dapat terjadi dengan natural, tapi akan menjadi tidak wajar jika terjadi dengan sering. Hal ini daat diasosiasikan dengan penyakit jantung, paru-paru, ginjal dan infeksi-infeksi lain.

Menguning
Jika kukumu menguning dengan sering, itu dapat diasosiasikan dengan infeksi jamur, masalah paru-paru, atau lymphedema. Jika tidak ada perkembangan, sahabat Naia mesti segera memeriksakan ke dokter.

Memutih
Ketidaknormalan ini tergantung pada persepsi ‘putih’ itu seperti apa. Jika lapisan kuku sahabat Naia memutih, ini dapat dikaitkan dengan infeksi sejenis jamur di bagian paling atas lapisan kuku. Tapi jika saat dipencet menjadi pink, bisa jadi sahabat Naia ada masalah dengan organ hati.

Menghijau
Jika kukumu berubah warna jadi hijau, itu bisa jadi diakibatkan oleh infeksi pseudomonas, sejenis bakteri yang memproduksi pigmen warna hijau.

Membubung dan Benjol
Gak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk bentuk kuku sahabat Naia. Namun kondisi tekstur ini bisa jadi diakibatkan oleh Lichen Planus, yaitu sebuah penyakit peradangan kulit.

Itu tadi tanda-tandanya. Selalu amati kondisi tubuhmu ya sahabat teras dan selalu jaga kondisi kesehatanmu!

 

Sumber: Instyle