Do and Don’t! Bagaimana menjaga Kebersihan Miss V Dengan Benar

Membersihkan Miss V dengan benar bukan hal yang sepele (Foto dari www.kioopo.com)
Membersihkan Miss V dengan benar bukan hal yang sepele (Foto dari www.kioopo.com)

Membersihkan Miss V dengan benar bukan hal yang sepele (Foto dari www.kioopo.com)

Sahabat Naia pernah nggak terpikir bagaimana membersihkan area vagina dengan baik dan benar? Bagian tersebut memang sensitif. Kita mesti mempertimbangkan jenis sabun pembersih apa yang tepat untuk digunakan. Apakah takaran penggunaannya sudah pas atau tidak? Terlalu banyak atau terlalu sedikit? Terlalu sering menggunakan sabun? Kesalahan informasi tentang bagaimana cara membersihkan vagina dengan benar dapat membuat area kulit disekitarnya menjadi gatal atau bahkan infeksi.Nah berikut adalah tata cara untuk membersihkan vagina agar tetap segar dan sehat.

Do: Fokus pada area sekitar Vagina

Ketika bagian luar dari area bawah (alias vulva) sahabat Naia butuh dibersihkan sebenarnya bagian dalam (vagina) mengurus dirinya sendiri dengan baik. Menurut Jessica Shepherd, seorang ginekolog dari University of Illionis Chicago menyatakan bahwa vagina memiliki mekanisme yang baik dalam menjaga kebersihan dan memiliki ekosistem kesehatan kecilnya sendiri.

Don’t: Merasa wajib untuk membeli sabun khusus

Biasanya vagina memiliki pH sekitar 3,5-4,5. Bila sahabat teras menggunakan produk kebersihan seperti body wash yang umumnya ber-pH 8, ini dapat mengganggu keseimbangan pH dalam miss V dan memicu gatal-gatal, iritasi, dan bau. Menggunakan sabun yang tak mengandung parfum lebih baik karena wewangian akan menimbulkan iritasi. Sabun batangan pada intinya lebih baik daripada body wash karena biasanya sabun batangan tidak mengandung alkohol yang tinggi atau wangi yang terlalu. Pastikan untuk selalu memperhatikan rasa gatal, kering, dan hal-hal tak nyaman lainnya.

Do: Bersihkan Miss V sehari sekali

Jika kamu kurang rutin membersihkan miss V, kamu mungkin gak akan menyingkirkan penumpukan keringat dan sekresi. Lalu jika sahabat Naia membersihkan lebih sering (lebih dari sehari sekali) bisa mengganggu keseimbangan pH sekitar miss V. Membersihkan dengan tangan atau washcloth lebih baik untuk menjaga miss V dari infeksi.

Don’t: Douche

Satu hal yang penting untuk diingat adalah bahwa di dalam vagina, ada bakteri baik dan ada bakteri jahat. Dengan membersihkan dalamnya, kamu bisa saja melenyapkan kedua jenis bakteri sekaligus. Keseimbangan pH amat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan miss V. Jika kita menyingkirkan bakteri baik, bakteri jahat akan memiliki kesempatan lebih untuk mengambil alih vagina. Hal ini dapat membawa kita pada infeksi ataupun isu lain.