Kebiasaan Buruk Yang Tanpa Disadari Dapat Membuatmu Mengidap Diabetes

minum-kopi-menghindarkan-diabetes-naia-slimming

Mengurangi Konsumsi Kopi

minum-kopi-menghindarkan-diabetes-naia-slimming

Ngopi yuk! (Foto dari allisonhagendorf.com)

Kebiasaan ngopi itu ngga berarti buruk loh sahabat Naia. Sebuah studi menunjukkan bahwa kopi (baik yang berkafein maupun decaffeinated) dapat mengurangi resiko berkembangnya penyakit diabetes tipe 2. Sebuah studi di Universitas Harvard menyebutkan bahwa mereka yang minum 6 cup kopi dalam sehari memiliki resiko lebih rendah sebesar 30% dalam perkembangan penyakit diabetes dibanding dengan non peminat kopi. Komponen tertentu dalam kopi nampaknya memiliki kemampuan mereduksi perlawanan insulin dan bisa juga mendorong metabolisme glukosa, proses konversi glukosa ke energi.

Kamu Doyan Begadang Seperti Makhluk Nocturnal

Begadang nonton bola emang seru tapi memperhatikan kesehatan sangat amat penting (Foto dari www.metropoli.net)

Begadang nonton bola emang seru tapi memperhatikan kesehatan sangat amat penting (Foto dari www.metropoli.net)

Jika kamu suka beraktivitas malam, kemungkinan kamu akan beresiko mengidap diabetes. Sebuah studi terbaru dari Korea menemukan bahwa orang yang begadang hingga larut menjelang subuh akan lebih beresiko pada diabetes dibanding mereka yang tidur lebih awal. Meskipun kamu tidur cukup 8 jam. Kebiasaan ini dapat menurunkan sensitifitas insulin dan peredaran gula dalam darah menjadi lebih buruk. Begadang juga dapat memperburuk kualitas tidur yang dapat mengganggu metabolisme.

Dietmu Kekurangan Probiotik

probiotik-yogurt-diet-diabetes-naia-slimming

Probiotik ga cuma baik untuk pencernaan tapi juga untuk menghalau diabetes (Foto dari www.telegraph.co.uk)

Resiko diabetes naik ketika kamu kelebihan bakteri jahat dibanding bakteri baik di dalam perlu. Perut kita butuh bakteri baik yang disebut dengan probiotik, untuk memperlancar pencernaan. Kekurangan probiotik dapat menyebabkan peradangan yang akhirnya dapat melawan insulin. Makanlah yogurt dan beberapa jenis keju untuk mendorong probiotik.

Memanaskan Makanan di Microwave dalam Wadah Plastik

memanaskan-makanan-wadah-plastik-diabetes-naia-slimming

Menghangatkan makanan dalam wadah plastik sebisa mungkin hindari ya, mending yang tahan panas aja (Foto dari katjuju.com)

Ini adalah sebuah alasan yang baik untuk membuatmu lebih berhati-hati dalam menghangatkan makanan. Peneliti di NYU Langone Medical Center, New York, menemukan bahwa 2 bahan kimia yang digunakan untuk memproduksi plastik pembungkus dan pembuka kotak makanan dapat meningkatkan resioko diabetes pada anak-anak dan remaja. Bahan kimia yang ditemukan dapat meningkatkan perlawanan pada insulin, memicu diabetes, juga meningkatkan tekanan darah.

Kamu Tidak Mendapatkan Sinar Matahari dengan Cukup

Jangan mengurung diri dalam gua di pagi hari, carilah sinar matahari untuk kebutuhan vitamin D-mu (Foto dari whitleyaward.org)

Jangan mengurung diri dalam gua di pagi hari, carilah sinar matahari untuk kebutuhan vitamin D-mu (Foto dari whitleyaward.org)

Sangat penting untuk melindungi dirimu dari sinar UV yang bisa nyebabin kanker, tapi terlalu melindungi diri dari paparan sinar matahari pun bisa membawa resiko diabetes. Berdasarkan studi terbaru dari Spanyol, orang dengan kekurangan vitamin D akan cenderung beresiko terkena diabetes tipe2 dan prediabetes, tanpa menghiraukan berat badan, peneliti percaya bahwa vitamin D memiliki peranan untuk meningkatkan fungsi pankreas yang memproduksi insulin dan membantu mengatur gula darah. Dr. Hatipolu menyarankan mengkonsumsi suplemen dapat membantu, sebagaimana memakan makanan yang kaya vitamin, seperti salmon dan vitamin D dalam susu atau sereal.

Menghabiskan Waktu Menonton TV

Kebanyakan nonton TV gak cuma buruk buat mata tapi juga ke gula darahmu (Foto dari optimisman.com)

Kebanyakan nonton TV gak cuma buruk buat mata tapi juga ke gula darahmu (Foto dari optimisman.com)

Kamu mungkin akan berpikir ulang, Sebuah Studi dari University of Pittsburgh menemukan bahwa setiap jam yang kamu habiskan di depan TV dapat meningkatkan resiko berkembangnya diabetes sebesar 4%. Kebayakan waktu nonton Tv dengan duduk bisa membuat lingkar pinggang membesar. Kelebihan itu dapat memicu resiko pengembangan diabetes dengan mengurangi sensitivitas insulin dalam tubuh.

Melewatkan Sarapan

Apapun yang terjadi sarapan adalah hal yang wajib (Foto dari www.natural-health-news.com)

Apapun yang terjadi sarapan adalah hal yang wajib (Foto dari www.natural-health-news.com)

Melupakan sarapan, nggak hanya membuatmu kelaparan, tapi juga dapat membuatmu beresiko menderita penyakit diabetes tipe 2. Jika kita nggak sarapan, level insulin kita akan terganggu, dan pada akhirnya akan mempengaruhi kemampuannya dalam mengontrol gula darah.

Sumber: Reader Digest