Pertimbangkan Alasan Ini! Untuk Kamu yang Malas Minum Air Putih

Foto diambil dari qfnu.net
Foto diambil dari qfnu.net

Foto diambil dari qfnu.net

 

Hari ini adalah World Water Day, hari dimana kita perlu untuk menaruh perhatian kepada akses air bersih dan sanitasi. Hari yang mengingatkan begitu pentingnya air bersih bagi kelangsungan manusia.

Ya, air adalah sumber dari kehidupan. Di dalam tubuh manusia hampir 80%nya terdiri dari air. Sahabat Naia pastinya juga mendengar bahwa kita perlu untuk mengkonsumsi air dengan cukup. Lalu apa alasannya disamping karena haus, kulit kering, ataupun bibir pecah-pecah? Jika sahabat Naia tahu, pertimbangkan lagi kebiasaan malas minum air putih!

Konsumsi air harian yang dibutuhkan oleh pria dan wanita berbeda. Seorang pria dewasa butuh 3,5 liter air sehari yang berarti 7 botol air mineral ukuran tanggung. Untuk wanita butuh 2,7 liter atau 6 botol air mineral ukuran tanggung.

Air menjaga agar organ kita berfungsi dengan baik, mengatur suhu tubuh, menjaga persendian, menyingkirkan sisa ekskresi dan menjaga kesehatan sumsum tulang belakang.

Ini adalah alasan lengkapnya mengapa kamu perlu minum cukup:

Membantumu menurunkan berat badan

Dalam sebuah studi dalam Jurnal Obesitas di tahun 2010, orang dewasa yang melakukan diet dengan minum air lebih banyak sebelum makan selama 12 minggu lebih banyak kehilangan berat badan dibandingkan mereka yang tidak.

Mengurangi resiko penyakit ginjal

Orang yang minum lebih banyak cairan akan lebih signifikan dalam menurunkan resiko terhadap penyakit ginjal kronis seperti yang dimuat dalam studi University of Sydney di tahun 2011.

Membuatmu mampu berlari lebih kencang

Di dalam sebuah studi di tahun 2011, 14 pelari menyelesaikan 2 set putaran, di satu sisi dimana mereka menunjukkan dehidrasi dan minum air selama istirahat, dan mereka yang membatasi konsumsi air. Mereka yang cukup minum air nyatanya mampu berlari lebih cepat dan suhu tubuh yang lebih rendah, dan memiliki kesehatan detak jantung yang lebih baik pasca berlari.

Kulitmu akan lebih sehat dan terlihat lebih muda

Karena sebagian besar dari tubuh kita adalah air, minum air yang banyak akan membuat fungsi tubuh kita berfungsi dengan baik. Tubuhmu pun akan mampu bekerja ekstra untuk membuatmu terlihat OK. Disini air akan membantu membuat kulitmu lebih lembut dan sehat. Yang artinya membuat penampilanmu lebih muda.

Membantu menjaga mood tetap baik

Di sebuah jurnal nutrisi menyebutkan bahwa wanita yang kurang minum mengalami sakit kepala, mudah letih, emosi yang buruk, dan susah berkonsentrasi.

Jadi tunggu apa lagi? Selalu bawa tumbler kemanapun untuk menjagamu dari dehidrasi ya!