Tips Menyingkirkan Ketombe dengan Bahan-bahan yang Ada di Dapur

Foto diambil dari www.curejoy.com
Foto diambil dari www.curejoy.com

Foto diambil dari www.curejoy.com

Ketombe bisa diakibatkan oleh kulit kepala kering atau sebuah kondisi yang disebut sebagai seborrheic dermatitis. Ketombe juga bisa disebabkan oleh eksema, psoriasis, atau sejenis jamur bernama malassezia.Shampo yang lazim digunakan untuk mengilangkan ketombe biasanya yang mengandung zinc pyrithione untuk membasmi jamur dan bakteri, ketoconazole yang juga mengusir jamur, ter arang dan selenium sulfide yang mampu memperlambat matinya kulit kepala, dan salicylic acid yang mampu menghilangkan butiran ketombe. Tapi ada juga loh cara alami yang bisa kamu pakai untuk melenyapkan ketombe dengan bahan-bahan yang mungkin ada di dapur kamu.

Baking Soda

Foto diambil dari homeremediesforlife.com

Foto diambil dari homeremediesforlife.com

Basahi rambutmu, tuang baking soda secukupnya (segenggam telapak tangan) laluusap dan gosokkan ke rambut hingga kulit kepala dengan merata. Kemudian bilas! Baking soda dapat mengurangi jamur yang bisa menyebabkan ketombe. Rambutmu mungkin akan jadi kering pada awalnya, tapi setelah beberapa minggu, kulit kepalamu akan mulai memproduksi minyak alami, yang bisa membuat eambutmu lebih lembut dan bebas dari serpihan kulit mati.

Cuka Apel

Foto diambil dari www.explorehealthyfood.com

Foto diambil dari www.explorehealthyfood.com

Karena keasamannya, cuka apel mengubah pH kulit kepala yang membuatnya sulit untuk bisa ditumbuhi jamur. Caranya, campur seperempat cup cuka apel dengan seperempat air dan masukkan ke botol spray. Semprotkan ke kepalamu dengan merata hingga meresap ke kulit kepala. Balut rambutmu dengan handuk, biarkan selama 15 menit kemudian bilas! Lakukan rutin dua minggu sekali.

Minyak Kelapa

Foto diambil dari paleogrubs.com

Foto diambil dari paleogrubs.com

Selain minyak kelapa bisa membuat rambutmu jadi rapi seperti tips sebelumnya, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk melenyapkan ketombe. Sebelum keramas, usap dan pijat kepalamu dengan 3-5 sendok makan minyak kelapa lalu biarkan selama 1 jam. Lalu keramaslah seperrti biasa dengan shampo.

Lemon

Foto diambil dari www.gdnonline.com

Foto diambil dari www.gdnonline.com

Seperti cuka yang bersifat asam, lemon juga bisa dijadikan solusi untuk melenyapkan ketombe. Keasamannya membantu menyeimbangkan pH kulit kepala sehingga bisa menjauhkanmu dari ketombe. Peraslah lemon, ambil air perasan sekitar 2 sendok makan dan campurkan dengan segelas air kemudian gunakan untuk membilas rambutmu. Lakukan setiap hari hingga ketome di kepalamu pergi.

Garam

garam-makanan-sehat-langsing-naia-slimming

Foto diambil dari www.todayifoundout.com

Abrasivitas garam meja bekerja dengan baik untuk menggosok kulit kepalamu yang berketombe sebelum keramas dengan shampo. Taburkan garam meja ke kulit kepalamu yang kering, kemudian pijat kepalamu sehingga garam menyebar dengan merata. Setelah itu berkeramaslah dengan shampo seperti biasa.

Bawang Putih

Foto diambil dari www.harvesttotable.com

Foto diambil dari www.harvesttotable.com

Kandungan anti mikroba dalam bawang putih sangat cocok untuk menumpas bakteri penyebab ketombe.Haluskan bawang putih dan gosokkan ke kulit kepala. Jika kamu tidak tahan dengan baunya yang menyengat, campurlah dengan madu lalu pijat kulit kepalamu sebelum keramas seperti biasa.

Minyak Zaitun

Foto diambil dari bebrainfit.com

Foto diambil dari bebrainfit.com

Sebelum beranjak tidur usapkan minyak zaitun sebanyak 10 tetes ke kepala secara merata dan pijat kepalamu. Lalu berkeramaslah pagi harinya. Lakukan dengan rutin agar ketombe cepat teratasi.

Sumber: Reader’s Digest