Menurunkan Resiko Kanker Payudara dengan Minyak Zaitun

Tanda-tanda kanker payudara yang mesti kamu waspadai (Foto dari www.curejoy.com)
Foto diambil dari bebrainfit.com

Foto diambil dari bebrainfit.com

Minyak zaitun, selain enak dipakai untuk menggoreng telur dan ngatasin jerawat kamu, ternyata juga bagus untuk mengurangi resiko kanker payudara. Berita baik ini Naia sadur dari publikasi Harvard Medical School.

Kanker payudara adalah kanker invasif yang umum menyerang wanita dan menyumbang 16% dari semua kanker yang menyerang wanita serta 22,9% dari kanker invasif pada wanita. Sebanyak 18,2% dari semua kematian akibat kanker di seluruh dunia berasal dari kanker payudara (termasuk yang menyerang laki-laki juga).

Sebuah studi pendahuluan yang dipublikasikan pada 14 September 2015 dalam JAMA International Medicine melaporkan bahwa wanita yang melakukan diet tradisional mediterania dengan menambahkan ekstra minyak zaitun, lebih sedikit terdiagnosa kanker payudara.

Tanda-tanda kanker payudara yang mesti kamu waspadai (Foto dari www.curejoy.com)

Tanda-tanda kanker payudara yang mesti kamu waspadai (Foto dari www.curejoy.com)

Melakukan diet mediterania berarti kamu harus makan berbagai jenis sayur, buah, whole grain, ikan, dan minyak zaitun, juga mengkonsumsi sedikit produk olahan susu dan daging merah.

Dari tahun 2003 sampai 2009 para peneliti secara acak melakukan percobaan terhadap 4.282 wanita Spanyol berusia 60-80 tahun yang memiliki resiko tinggi akan penyakit kardiovaskuler dengan melakukan satu dari 3 macam perlakuan diet berikut:

  1. Sebuah mediteranian diet dengan suplemen ekstra virgin olive oil (1476 wanita)
  2. Sebuah mediteranian diet dengan suplemen campuran kacang-kacangan (walnut, almond, dan hazelnut) (1285 wanita)
  3. Tidak ada diet spesial, tetapi grup ini diberikan saran untuk mengurangi jumlah lemak dalam diet mereka (1391 wanita) dan ini merupakan control group

Selama periode studi, 35 orang didiagnosa menderita kanker payudara. Wanita yang mendapat perlakuan ekstra virgin olive oil mengidap kanker 62% lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang menerima perlakuan ke-3. Tingkat resiko kanker payudara untuk perlakuan ke-2 secara statistik tidak begitu berbeda dengan perlakuan ke-3. Hasil ini perlu konfirmasi untuk dilakukan studi yang lebih lanjut.

Lakukan yang terbaik agar kamu sebagai perempuan jauh dari resiko kanker payudara sahabat Naia. Contohnya adalah:

  • Mengkonsumsi diet sehat yang rendah gula, processed foods, dan lemak trans
  • Menjaga berat badan ideal
  • Menghindari alkohol
  • Olahraga rutin tiap hari
  • Tidak merokok

Tentunya kamu juga harus sadar akan bahayakanker payudara sejak dini dengan mengamati baik-baik payudara kamu. Apabila ada tanda-tanda atau gejala yang kamu curigai sebagai kanker, maka segeralah periksakan dirimu ke dokter. Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati bukan?

Nah itu dia tips dari Naia semoga bermanfaat bagi kamu sahabat Naia!