Tips Langsing Sehat Pasca Melahirkan (Part 1)

Foto diambil dari pregnancyandbaby.com

Foto diambil dari pregnancyandbaby.com

Pasca melahirkan sahabat Naia pasti sangat sibuk dengan urusan menjaga bayi dan mengurusi rumah tangga sampai lupa untuk memikirkan cara mengembalikan tubuh jadi langsing seperti sebelum hamil. Apalagi nih, di masa menyusui sahabat Naia juga perlu mempertimbangkan kira-kira asupan nutrisi yang dimakan agar badan langsing kembali mencukupi tidak untuk memproduksi asi bagi buah hati. Ini memang hal yang dilematis.

Lalu gimana sih caranya untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan tapi aman untuk nutrisi bayi kita?

Yang pasti adalah akan-makanan yang sehat, termasuk bermacam jenis buah-buahan dan sayur. Minum cukup air putih setiap hari untuk menjagamu supaya tidak dehidrasi. Selain membantu menurunkan berat badan dengan aman, cara ini juga akan membantumu untuk menyimpan energi dalam merawat si kecil sepanjang hari.

Berikut ini adalah tips yang akan membantumu untuk mencapai tubuh langsing nan ideal:

  • Mengatur waktu sarapan
  • Mengkonsumsi minimal 5 porsi buah-buahan dan sayur dalam sehari
  • Sertakan starchy food seperti oats, kacang-kacangan, dan biji-bijian dalam menu makanmu
  • Hindari makanan yang bisa membuatmu makin gendut seperti makanan cepat saji, cake, biskuit, patiseri, dan minuman bersoda
  • Pantau porsi makanmu dan tipe snack yang kamu konsumsi saat waktu senggang

Jika dikombinasikan dengan olahraga teratur pastinya akan lebih efektif, karena akan sangat membantumu untuk cepat menghilangkan lemak.
Lalu jenis latihan fisik apa sih yang bisa sahabat Naia lakukan?

Mencari waktu untuk latihan olahraga sekarang akan lebih tricky karena kamu kondisinya sedang merawat bayi nih sahabat Naia. Namun itu bukan berarti mustahil asalkan kamu membuatnya jadi prioritas.

Kamu bisa mulai dengan melakukan latihan sederhana seperti berjalan santai, pelvic floor excercise, dan stretching. Namun, sahabat Naia perlu nunggu dulu sekitar 6 minggu untuk mulai latihan fisik yang lebih berat.

Latihan fisik juga bisa dilakukan bersama bayi kamu seperti berkeliling sambil mendorong kereta bayi. Kamu juga bisa mencari buggyfit class yang bisa membuatmu bertemu dan sharing pengalaman dengan para ibu baru. Ini bisa jadi sarana bersosialisasi untuk nambah teman juga kan?

 

Berapa kalori yang dibutuhkan?

Berapa banyak kalori yang kamu butuhkan tergantung pada berat badanmu saat ini, seberapa aktif, dan apakah kamu menyusui atau tidak.

Mungkin akan sangat sulit untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan, tapi coba untuk menurunkan berat badan yang kamu hasilkan selama kehamilan sebelum kamu memutuskan untuk memprogram kehamilan lagi. Hal ini penting untuk kamu pikirkan jika kamu mengalami overweight, atau berat badan kamu meningkat tajam saat kehamilan.

Hal ini mungkin akan mengejutkan, tapi peningkatan indek berat badan sebesar 1-2 BMI saat kehamilan pun dapat meningkatkan resiko komplikasi pada kehamilan selanjutnya. Komplikasi ini termasuk tekanan darah dan gestational diabetes.

Jika kamu dalam keadaan memiliki berat badan yang sehat saat kehamilan pertama dan meningkat paling tidak 2 BMI sebelum kehamilan selanjutnya, bayimu akan mengalami resiko saat kehamilan. Membentuk tubuh dengan berat ideal atau menurunkan berat badan ketika overweight akan mengurangi resiko ini.

Kehilangan ekstra weight yang kamu dapatkan setelah kamu melahirkan juga akan bisa me-manage berat badanmu untuk tempo yang lama. Selain itu juga bermanfaat untuk mengurangi resiko diabetes tipe 2, jantung koroner, dan beberapa jenis kanker.

Kelanjutannya silahkan klik disini