Tips Langsing Sehat Pasca Melahirkan (Part 2)

Foto diambil dari pregnancyandbaby.com
Foto diambil ari pregnancyandbaby.com

Foto diambil dari pregnancyandbaby.com

 

Melanjutkan pembahasan seputar tips menurunkan berat badan pasca kehamilan part 1.

Setelah tau pentingnya menurunkan berat badan dan asupan nutrisi yang kamu butuhkan, sahabat Naia juga perlu tahu tentang bagaimana program menurunkan berat badan ini bisa diimbangi dengan menyusui?

Jika sahabat Naia dalam masa menyusui, tunggulah hingga kamu dan bayimu sama-sama siap sebelum mulai menurunkan berat badan.

Ketika sahabat Naia memutuskan untuk memberikan ASI eksklusif, itu artinya sahabat Naia butuh lebih banyak kalori untuk produksi asi. Ini beda ceritanya kalau memutuskan untuk memberikan susu formula kepada si kecil. Ekstra kalori yang kamu butuhkan untuk memproduksi ASI sebesar 330 kalori. Nyatanya beberapa kebutuhan energi tambahan diambil dari timbunan lemak dalam tubuh sahabat Naia.

Artinya memberikan ASI kepada bayi dapat membantu sahabat Naia untuk menurunkan berat badan jika kamu menghiraukan 330 ekstra kalori tambahan yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI. Tentu kamu juga perlu menjaga asupan makanan yang sehat dan selalu aktif dalam keseharian.

Sangatlah aman untuk menurunkan berat badan saat menyusui jika dilakukan secara berangsur pelan-pelan. Penurunan sebesar 0.5-1 kg dalam seminggu tidak akan berpengaruk pada kualitas ASI yang kamu produksi ataupun perkembangan bayimu.

Kemudian kapan tubuhmu benar-benar kembali normal seperti sebelum hamil?

Berilah diri kamu waktu untuk mengembalikan tubuh seperti sedia kala dan jangan frustasi kalau badan kamu kurusnya lama. Hiraukan cerita-cerita bagaimana seleb bisa cepat cantik langsing kembali pasca melahirkan, toh ternyata kurus dengan cepat pasca melahirkan itu sangat tidak realistis bagi rata-rata ibu baru.

Tanamkan dalam pikiran kamu bahwa tubuh kamu bisa berubah pasca kehamilan dan kembali seperti semula. Selama kamu merasa sehat dan siap, dengan pedoman diet yang tepat, kamu bisa kembali kurus saat bayimu kurang lebih menginjak 6 bulan. Jika ternyata lebih lama, itu bukan masalah yang mesti diratapi, semua perlu proses. Sahabat Naia bisa menargetkan tubuhmu kembali ideal saat bayi berumur 1 tahun.

Mengembalikan tubuh seperti semula memang penting, tapi menargetkannya secara realistis itu juga penting. Suatu studi menunjukkan bahwa hanya 4 dari 10 ibu yang bisa menurunkan berat badan kembali ke tubuh ideal dalam jangka waktu 6 bulan.

Yang penting tetap semangat dan utamakan kesehatan buah hati kamu ya sahabat Naia.