Alternatif Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat dan Jamu

Foto dari www.empowher.com
Foto dari www.empowher.com

Foto dari www.empowher.com

Setenar dan secakep-cakepnya Jennifer Lawrence, Jessica Jung, ataupun Sandra Dewi pasti pernah mengalami kram perut karena nyeri haid. Ya, menurut sebuah studi di Amerika, lebih dari separuh wanita yang diteliti, kebanyakan wanita menderita kram perut selama 1-2 hari tiap periodenya. Pada dasarnya kram perut bukan hal serius sih sahabat Naia, tapi kamu pasti keganggu dong?

Mungkin biasanya kamu mengkonsumsi Jamu atau obat pereda nyeri yang biasa di jual di apotek. Bahkan, ternyata pil kontrasepsi juga bisa loh buat mereduksi nyeri haid kamu. Tapi gak semua orang suka minum obat atau jamu nih. Karena itu, Naia punya alternatif solusi buat kamu yang gak suka minum obat dan jamu berikut ini.

Tingkatkan dietmu untuk mengurangi kram

Mengurangi lemak dan menambah sayuran dalam diet kamu bisa membantu meringankan kram bulanan lho. Jadi, pada dasarnya diet rendah lemak akan mengurangi segala macam level peradangan di tubuhmu termasuk kram menstruasi (secara tidak langsung).

Untuk awalan, hindari lemak hewani dan gantikan dengan lemak tak jenuh yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan seperti misalnya kacang-kacangan atau minyak zaitun. Jika kamu suka mengkonsumsi produk berbahan susu, pilihlah yang rendah lemak atau bebas lemak. Cobalah untuk memenuhi 25-35 % total kalorimu dari makanan yang mengandung lemak sehat.

Tambah kandungan Magnesium dalam dietmu

Di dalam sebuah review pakar kesehatan di California menyatakan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium dengan cukup akan membantu meredakan kram perut karena haid. Magnesium bisa kamu temukan dalam sayuran hijau seperti bayam, kacang-kacangan, ikan, apukat, pisang, dark chocolate, dan yogurt rendah lemak.

Minum teh untuk menenangkan rasa sakit

Teh jenis tertentu dapat membantumu meredakan rasa sakit. Walaupun belum ditemukan penelitian yang benar-benar membuktikan dugaan ini, tapi teh sudah sejak lama digunakan sebagai pereda nyeri haid secara tradisional dimana-mana. seduh 2 sendok teh dalam secangkir air panas, aduk selama 15 menit, dan minumlah 3 kali dalam sehari.

Minyak Ikan dan Vitamin B1

Salah satu pilihan lain untuk meredakan nyeri kram perut secara alami adalah dengan mengkonsumsi suplemen minyak ikan, vitamin B1 atau keduanya. Informasi ini dimuat dalam publikasi Global Journal of Health Science pada September 2014.

Memijat dengan minyak esensial

Gunakanlah minyak esensial yang bersifat aromaterapi dan gunakan untuk memijat bagian perutmu. Informasi ini dimuat dalam publikasi Journal of Obstetrics and Gynaecology Research pada Mei 2012.

Mendorong hormon endorfin

Mendorong endorfin dapat juga mendorong mood kamu. Fakta ini dimuat dalam Journal of Family Reproductive Health yang menyatakan bahwa aerobic dan stretching dapat membantu meringankan nyeri bulanan.

Akupuntur

Kalau yang ini agak ribet sih untuk mencari ahli akumpuntur. Tapi kalau kamu tinggal di daerah yang cukup dekat aksesnya dengan ahli akupuntur bisa loh dicoba.

Nah gimana tipsnya Naia? Semoga bermanfaat buat ngusir nyeri haid kamu ya!