Fakta Nutrisi Dibalik Seporsi Pecel

Foto diambil darri wizamisasi.com
Foto diambil darri wizamisasi.com

Foto diambil darri wizamisasi.com

Pecel bisa dibilang sebagai salad tradisional dari Indonesia. Entah itu mau pecel Madiun ataupun pecel Blitar atau yang lain dapat ditemui di berbagai wilayah di Indonesia dengan sangat mudahnya terlebih di pagi hari. Ya, di waktu sarapan kamu pasti tak asing bukan melihat penjual pecel ada di mana-mana? Nah dibawah ini adalah ulasan dari ragam sayur yang biasa ada di dalam pecel beserta manfaatnya bagi tubuhmu.

Kacang panjang

Kacang panjang masuk ke dalam keluarga polong-polongan yang baik untuk program dietmu. Sebagai keluarga polong-polongan, kacang panjang tentunya mengandung protein dan lemak sehat. Di dalam 100 gram kacang panjang terdapat 31 kalori, dengan kandungan 77% karbohidrat, 3% lemak, dan 20% protein. Selain itu, kacang panjang kaya akan vitamin A, vitamin C, thiamin, riboflavin, zat besi, fosfor, magnesium, mangan, dan kalium. Mengkonsumsi kacang panjang bagi ibu hamil juga bagus loh untuk perkembangan otak janin.

Kecambah

Kecambah bisa dibilang sebagai gudang nutrisi karena kandungan proteinnya justru lebih besar 19% dibanding biji kacangnya. Hal ini desebabkan dalam proses tumbuh tunas, terjadi proses hidrolisis protein yang membuat kadar asam amino di kacang menjadi naik. Selain protein, kecambah juga kaya akan karbohidrat, seng, potasium, asam folat, fosfor, kalium, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E,  Niacin, dan seratnya yang baik untuk diet.  Kecambah dikenal baik untuk kesuburan seseorang karena kaya akan vitamin E alfa yang mampu melindungi sel telur ataupun spermatozoa dari berbagai kerusakan karena zat radikal bebas. Karena vitamin ini pula lah, kecambah juga baik untuk memperkecil resiko penyakit kanker. Di dalam 100 gram kecambah sendiri terdapat 29 kalori, dengan kandungan 12% lemak, 50% karbo, dan 38% protein.

Bayam

Bayam pantas dianugerahi sebagai salah satu makanan tersehat di dunia karena kekayaan nutrisinya. Pantas saja, di dalam bayam kamu akan menemukan vitamin K, vitamin A, mangan, folat, magnesium, zat besi, tembaga, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, vitamin E, vitamin C, kalsium, potasium, fiber, fosfor, seng, protein, kolin, lemak omega 3, dan selenium. Kalori yang terdapat dalam 100 gram bayam sebesar 23 kalori dengan rincian 14% lemak, 56% karbohidrat, dan 30% protein. Seperti Popeye yang jadi super kuat karena makan bayam, kamu juga akan mendapatkan manfaat terlindungi dari peradangan, masalah kardiovaskuler, tulang, dan resiko kanker.

Daun Singkong

Daun singkong memang cenderung terasa pahit tapi kandungan gizinya tak bisa diragukan. Bererapa nutrisi yang terkandung di dalam daun singkong antara lain seratnya yang baik untuk diet, vitamin A, vitamin B1, karbohidrat, asam amino, dan protein. Karena kandungan protein nabatinya yang besar, daun singkong baik untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh. Selain itu kandungan zat antioksidan di didalamnya dipercaya mampu menangkal radikal bebas dan memperkecil resiko kanker. Untuk 100 gram daun singkong menyimpan 38 kalori dengan rincian 6% lemak, 63% karbohidrat, dan 32% protein.

Semanggi

Tidak semua pecel di berbagai daerah menggunakan semanggi sebagai bahannya. Namun di Surabaya, semanggi melegenda. Menurut penelitian, semanggi mengandung isoflavon yang berfungsi mengurangi gejala klinis saat memasuki menopause dan meningkatkan kualitas tulang agar terhindar dari osteoporosis.

Bunga Turi

Sama seperti semanggi, tidak semua daerah menyugukan bunga turi dalam seporssi pecel. Namun kamu bisa menemukannya di beberapa tempat di daerah Jawa Tengah. Bunga turi mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, selenium, sodium, potasium, vitamin C, thiamin, riboflavin, niacin, dan folat. Bunga turi dikenal memiliki berbagai manfaat farmakologis bagi tubuh terutama gangguan hati, demam, keputihan, sakit kepala, dan desentri.

Bumbu kacang

Berbagai sayuran di atas tidak bisa disebut pecel sebelum disiram bumbu kacang. Bahan utama bumbu kacang sendiri adalah kacang tanah yang digoreng atau disangrai. Sebagaimana kacang-kacangan lainnya, kacang tanah juga merupakan sumber protein dan lemak nabati yang menyehatkan. Kacang tanah baik untuk menjaga tingkat kolesterol dan menurunkan gula drah karena kandungan lemak sehatnya. Vitamin E-nya baik untuk kesehatan kulit yang akan menghindarkanmu dari keriput. Kacang tanah juga mengandung zat antioksidan yang mampu menghalau zat radikal bebas. 100 gram kacang tanah menghasilkan 567 kalori yang cukup besar untuk memenuhi energimu, dengan rincian 73% lemak, 12% karbohidrat, dan 15% protein.

Gimana? Menyantap seporsi pecel untuk menu sarapan maupun makan siang sangat menyehatkan ya?