Makanan untuk Membentuk Otot bagi Para Pria

Bagi pria, otot yang berisi adalah idamann (Foto dari www.telegraph.co.uk)
Bagi pria, otot yang berisi adalah idamann (Foto dari www.telegraph.co.uk)

Bagi pria, otot yang berisi adalah idamann (Foto dari www.telegraph.co.uk)

Ketika dikaitkan dengan membangun masa otot agar tubuh kamu terlihat berisi diet adalah salah satu hal terpenting yang menentukan dari semua program bodybuilding yang mungkin kamu lakukan. Kamu bisa workout semaumu, tapi jika dietmu nggak bener maka buang jauh-jauh mimpimu untuk dapat fisik yang ideal.

Tubuhmu sangat mengandalkan nutrisi dari makanan dan suplemen yang kamu konsumsi untuk membangun sebuah lingkungan kondusif dalam menambah masa yang besar. Meskipun banyak pilihan yang akan kamu temui di luar sana, pilihan ini bisa kamu masukin di daftar belanjaanmu.

Putih telur
Ada sebuah alasan mengapa setiap kesuksesan bodybuilder memasukkan putih telur ke dalam dietnya. Dengan rasio protein banding lemak sebesar 60:1, gak perlu diragukan lagi bahwa putih telur merupakan salah satu sumber protein terbaik.

Putih telur juga memiliki nilai biologis yang tinggi, artinya proporsi protein yang terabsorpsi dari putih telur mudah digunakan dalam sintesis protein dalam tubuh. Putih telur juga mengandung sangat sedikit karbohidrat dan juga merupakan sumber vitamin dan mineral.

Ayam
Daging ayam memang menjadi favorit banyak orang untuk lauk sehari-hari. Dan daging ayam ternyata juga menjadi sumber protein yang berkualitas tinggi namun rendah lemak trans. Bagian dada ayam sendiri mengandung 48% protein dan 48% lemak serta menghasilkan 172 kalori.

Ikan
Walaupun dalam diet peraturannya adalah makan makanan yang rendah lemak, tapi ikan adalah pengecualian untuk tidak dikonsumsi. Tentu kamu mau menjauh dari lemak trans, tapi tubuhmu masih butuh asam lemak esensial seperti omega 3 untuk membantu proses membentuk otot. Ikan seperti salmon, tuna, bandeng dan sarden adalah contoh sumber protein dengan lemak sehat.

Biji-bijian dan Polong-polongan

Jika kaamu serius membentuk otot, kamu gak bisa mengabaikan kekuatan dari biji-bijian dan polong-polongan. Ketika orang-orang berpikir tentang bodybuilding food, mereka pasti merujuk pada bermacam daging tanpa lemak, tapi mereka tidak mengira bahwa biji-bijian juga nikmat dan tinggi sumber nutrisi seperti protein dan fiber.

Fiber amat penting untuk memelihara gerakan usus besar sebagaimana tugas dari insulin, yang amat kritis untuk pertumbuhan otot sebagai fungsi absorpsi dan mencerna berbagai nutrisi.

Daging Merah

Lean ground beef an potongan daging meah adalah makanan pembentuk masa otot yang kaya akan protein, zat besi, seng, dan vitamin B. Daging merah memiliki rasio kalori yang tinggi per saji, membuatnya jadi pilihan yang tepat dalam menambah masa tubuh kamu.

Akan tetapi, karena daging merah juga mengandung lemak jenuh yang tinggi, maka jangan mengkonsumsinya secara rutin setiap hari. Daging merah sangat baik untuk dimasukkan dalam list diet mingguan bersama sumber protein lain sperti ayam dan ikan.

Slow Burning Carbs 

Otot tidak dibangun oleh protein sendirian. Kamu juga butuh makanan yang bisa memperlambat pembakaran karbohidrat agar kamu merasa kenyang lebih lama. Karbohidrat sejenis ini bisa ditemui dalam oatmeal dan ubi-ubian.

Air putih

Air putih? Ya, air putih. Air adalah kebutuhan esensial bagi manusia. Secara 70% lebih dari tubuh kita terdiri dari air. Termasuk otot yang mau kamu bentuk.

Saat kamu sedang latihan membentuk otot, kamu mesti menjaga agar kamu tetap dalam stase metabolis yang paling tepat, makanya seorang bodybuilder direkomendasikan untuk minum 10 liter air dalam sehari. Air juga menjadi media untuk mengantarkan nutrisi ke sel-sel ototmu, membuat pemakaian nutrisi dan suplemen yang kamu konsumsi jadi lebih efisien dan efektif.

Nah itu tadi beragam makanan yang bisa jadi pilihan untuk kamu masukkan ke list belanjaan kamu sahabat Naia. Selamat mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga ya!