Susah Tidur Malam Hari? Konsumsi Makanan Ini Yuk!

Foto dari www.techinsider.io
Foto dari www.techinsider.io

Foto dari www.techinsider.io

Begadang memang banyak alasannya mulai dari deadline kerjaan, tugas kuliah, atau sekedar nonton koleksi film dalam Laptop aja. Apalagi sekarang lagi booming film AADC 2 dan Civil war, pasti sahabat teras ngga mau kehilangan momen nonton di bioskop tanpa mengingat-ingat sekuel sebelumnya. Jadi deh begadang lagi buat nontonin prekuelnya. Hmmm, keseringan begadang pastinya gak baik buat jam biologis tubuh kita ujung-ujungnya kita bisa insomnia alias susah tidur. Dan kurangnya kualitas tidur kita akan berdampak pada berbagai penyakit yang bisa mengintai tubuh kita loh seperti penyakit kardiovaskuler, alzheimer, diabetes dan sebagainya. Tapi ternyata insomnia ini bisa kamu kurangin kok dengan makan. Ya, kali ini Naia akan kasih kamu, sahabat Naia, daftar makanan apa saja yang bikin kamu cepat ngantuk. Let’s check this out!

Nasi

Tipikal orang Indonesia kalau belum makan nasi emang belum kenyang. Dan sadar ngga sih habis makan nasi kekenyangan kita tuh bawaannya pengen tidur aja? Penyebabnya adalah karena nasi mengandung  glycemic index yang tinggi yang bikin kamu ngantuk setelah mengkonsumsinya. Fakta ini didukung oleh penelitian di Australia dan Amerika.

Tuna

Ikan tuna tinggi akan vitamin B6,yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk melatonin dan serotonin. Makanan lain yang juga tinggi kandungan B6-nya adalah bawang putih. Pas tuh manggang daging ikan tuna fillet diseasoning pakai garam dan lada aja. Langsung deh tidurmu lelap setelahnya.

Selada

Selada mengandung lactucarium yang memiliki zat sedatif dan punya efek ke otak yang mirip seperti opium (sejenis obat-obatan terlarang). Selada akan bikin kamu tenang dan mengantuk deh!

Almond

Almond kaya akan magnesium, sebuah mineral yang dibutuhkan untuk kamu bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Almond juga dikenal bisa jadi pereda sakit kepala juga loh. Sebuah studi menyebutkan jika level magnesium dalam tubuh kita sangat rendah maka akan membuat kita susah tidur.

Madu

Gula alami yang ada dalam madu dapat meningkatkan insulin dan melancarkan triptofan masuk ke dalam otak dengan mudahnya. Menyeduh teh dengan campuran sesendok makan madu mungkin akan membantu kamu lebih cepat tidur sahabat Naia.

Udang

Udang dikenal sebagai sumber triptofan yang baik untuk membawamu cepat tidur lelap. Apalagi udangnya digoreng krispi, hmmm pasti yummy!

Cherry

Saat malam dan kamu ngga bisa tidur juga, coba cek kulkas kamu siapa tahu ada cherry-nya. Entah mau kamu makan langsung atau kamu jus, cherry akan membantumu buat cepat merasa kantuk. Ini karena cherry dapat medorong kenaikan level melatonin yang ada dalam tubuh.

Gimana? Layak dicoba buat mengatasi tidur kamu kan? Semoga membantu penyembuhan insomnia kamu ya sahabat Naia!