Bulan Ramadan, Bulan Memulai Hidup Sehat

Berbuka berama di bulan Ramadan (Foto diambil dari www.newsnation.in)
Berbuka berama di bulan Ramadan (Foto diambil dari www.newsnation.in)

Berbuka berama di bulan Ramadan (Foto diambil dari www.newsnation.in)

Bulan Ramadan bagi umat muslim adalah bulan untuk mendekatkan diri pada Ilahi. Bulan Ramadan atau puasa juga saat yang tepat bagi kamu, Sahabat Naia untuk memulai pola hidup sehat. Ya, puasa nyatanya memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

Apa saja itu? Berikut adalah manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang Naia kutip dari Al-Arabiya News.

Memberi kedamaian hati dan pikiran

Ada sebuah makna spiritual yang amat kuat bagi mereka yang berpuasa di bulan Ramadan. Umat muslim mengamalkan rasa kedermawanan dengan berbagi kepada mereka yang membutuhkan, memperkuat ikatan kekeluargaan saat berbuka bersama keluarga dan orang-orang terdekat, religiusitas meningkat dengan beribadah, dan kontrol diri dengan praktek tata krama yang lebih baik dari biasanya. Segala kebiasaan baik di Ramadan tersebut membangun suatu perasaan damai, tenteram, dan rasa puas pada diri sendiri.

Meningkatkan level lemak dalam darah

Di dalam sebuah penelitian yang diakukan pada tahun 1997 tentang metabolisme nutrisi membuktikan bahwa puasa dapat menurunkan tingkat LDL kolesterol jahat sebesar 8%, trigliceryde sebesar 14,3% yang dengan demikian akan membuat jantung kita terlindungi dari penyakit kardiovaskuler.

Hal ini dapat dijelaskan dengan kebiasaan makan olahraga kita.Selama Ramadan, orang cenderung untuk memilih yang sehat-sehat seperti kacang-kacangan, sup, dan tentunya masakan rumahan. Berbagai studi menjelaskan bahwa konsumsi berbagai jenis lemak jenuh seperti butter, daging berlemak, dan makanan cepat saji mengalami pengurangan selama ramadhan. Ditambah lagi, ibadah malam, mulai dari tarawih dan tadarusan dapat membantu keseimbangan aktivitas fisik menggantikan olahraga yang biasa dilakukan di pagi hari.

Membantu mengatasi ketergantungan

Mungkin di hari biasa Sahabat Naia terbiasa dengan kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan hal-hal merusak kesehatan lainnya. Dengan berpuasa kamu akan mengontrol diri untuk meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk. Bulan baik sudah sepatutnya diisi dengan aktivitas baik dan meninggalkan aktivitas yang berdampak buruk bagi tubuh kita kan?

Meningkatkan pemecahan lemak dan menurunkan berat badan

Konsumsi kalori selama ramadhan pastinya mengalami penurunan cukup tajam. Tentu saja, dengan manajemen makanan yang baik selama Ramadan berat badanmu akan turun. Ditambah lagi, jika sahabat Naia tetap aktif di siang hari selama puasa, lemak yang terbakar pun akan lebih banyak.

Bulan Ramadan adalah kesempatan yang tak boleh dilewatkan untuk memperbaiki kesehatan tubuh kita yang mungkin terlupa selama 11 bulan sebelumnya. Saat berpuasa, kita belajar mengontrol rasa lapar. Sebagai hasilnya, di akhir Ramadhan dan masuk Syawal kamu sudah punya kekuatan untuk memulai hidup sehat yang sebenarnya. Tapi ingat! Jangan terlalu tergiur dengan makanan dan kue serba berlemak pas lebaran nanti ya!