7 Makanan yang Wajib Dihindari Sebelum Tidur

makan-sebelum-tidur

makan-sebelum-tidur
Tidak sedikit dari kita yang pasti menginginkan camilan sebelum tidur. Memang pada dasarnya terdapat beberapa makanan yang bagus untuk anda konsumsi sebelum tidur, namun perlu diingat juga bahwa beberapa makanan mungkin akan mengganggu tidur anda di malam hari seperti membuat anda sakit perut, mimpi buruk, atau bahkan insomnia.

Tetapi jika anda tetap menginginkan makanan camilan sebelum tidur, pastikan anda untuk tidak sembarangan memilih. Sekurang-kurangnya terdapat 7 makanan yang pantang untuk anda konsumsi sebelum tidur di malam hari karena dapat mendatangkan anda berbagai macam masalah. Dimulai dari makanan yang paling umum seperti kopi dan soda hingga makanan dari luar negeri, berikut adalah makanan yang harus anda hindari di malam hari.

Pizza
Sebaiknya anda berpikir dua kali jika mendambakan pizza di malam hari. Toping keju yang terdapat diatas pizza bisa membuat anda mimpi buruk. Selain itu, menurut sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan menunjukkan bahwa saus tomat yang asam dapat membuat anda sakit perut dan mengganggu anda untuk mendapatkan tidur berkualitas di malam hari. Pizza juga mengandung banyak kalori yang seharusnya tidak anda dapatkan sebelum tidur.

Kopi
Beberapa orang mungkin masih bisa tertidur di malam hari setelah meneguk segelas espresso. Namun perlu dicatat juga bahwa tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan tidur setelah mengkonsumsi kafein. Jika anda merasa kesulitan tidur setelah meminum kopi, pastikan untuk menghindarinya 6 jam sebelum tidur.

Makanan Pedas
Selain dapat merangsang selera makan anda, masakan pedas ternyata dapat mengiritasi perut anda, terlebih jika anda memiliki masalah kesehatan seperti heartburn. Kondisi tersebut dapat membuat anda kesulitan tidur atau mengganggu tidur anda di malam hari.

Soda
Minuman bersoda yang menggelembung mengandung kafein dan sangat buruk untuk dikonsumsi sebelum tidur. Selain itu, minuman bersoda juga mengandung pemanis buatan yang dapat merugikan kesehatan tubuh anda, dimana gula tersebut sudah dikaitkan dengan masalah tidur yang kurang nyenyak.

Wine
Meskipun satu atau dua gelas wine mungkin awalnya dapat membuat anda mengantuk, alkohol juga ternyata dapat mengganggu pola tidur alami anda. Terutama jika anda mengkonsumsinya sebelum tidur, maka akan memperburuk kualitas tidur anda karena harus terbangun untuk pergi ke toilet di malam hari.

Jus Jeruk
Buah citrus sangatlah asam dan bisa mendatangkan masalah yang serius jika anda memiliki refluks atau kandung kemih yang sensitif. Cobalah untuk lebih memilih buah apel karena kandungan karbohidratnya dapat membantu anda untuk tertidur, sementara seratnya dapat membantu tubuh untuk menyerap gula secara perlahan.

Burger
Makanan berlemak seperti burger akan membuat saluran pencernaan anda bekerja sangat keras, dimana akan mengganggu anda yang ingin tertidur di malam hari. Selain itu, penelitian baru-baru ini juga menemukan bahwa mengkonsumsi terlalu banyak lemak jenuh telah dikaitkan dengan kemungkinan banyaknya terbangun di malam hari.

Jadi, adakah makanan di atas yang masih sering Anda konsumsi sebelum tidur?